Contact us      Link     Video          


           
Monumen dan Museum

Current Articles | Categories | Search | Syndication

TNI AL LAKSANAKAN KERJASAMA GUNA MAKSIMALKAN SUMBER DAYA

 

Guna mengoptimalkan peran dan tugas yang diemban, TNI AL berupaya mengembangkan suatu pola kerja sama dengan berbagai instansi yang dilakukan secara mutualistik dan profesional.  Untuk itu dilaksanakan penandatangan  Perjanjian Kerjasama antara TNI AL dengan empat istitusi yakni Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI) (Persero) serta PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk pada Kamis, (26/1) di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur. 

posted @ Thursday, January 26, 2012 3:39 PM by Dispenal Mabesal Read:1419

MUSEUM BAHARI YOGYAKARTA

Museum Bahari Yogyakarta diresmikan pada bulan April 2009 oleh Kasum TNI Laksamana Madya Y. Didik Heru Purnomo.  Peresmian museum ini ditandai dengan pengguntingan bunga dan penandatanganan prasasti  oleh ketua yayasan Tri Sekar Lestari, Ny. Endang Didik Heru Purnomo. Pendirian museum bahari di kota budaya ini berlatar belakang rasa cinta Laksdya Didik Heru Purnomo kepada Angkatan Laut khususnya dan dunia maritim pada umumnya. Museum Bahari Yogyakarta.jpg

posted @ Friday, August 12, 2011 4:00 PM by Read:2816

MONUMEN DHARMA SAMUDERA SURABAYA

Monumen Dharma Samudera  terletak di jalan Hang Tuah Ujung Surabaya diresmikan oleh Panglima Komando Daerah Maritim IV Surabaya Komodor Laut Hamzah Atmohandojo pada tahun 1963.

Mon. Dharma Samudra Surabaya.jpg

posted @ Friday, August 12, 2011 10:28 AM by Read:1946

MONUMEN GAJAH MADA SURABAYA

Sang Maha Mantri Mukya Rakyan Mapatih Empu Mada yang dikenal sebagai Maha Patih Gajah Mada atau Gajah Yang Tak Kenal Takut dilahirkan pada sekitar tahun 1300 Masehi. Saat usia remaja dia sudah menjadi prajurit pengawal kerajaan. Umur 19 tahun berpangkat Bekel pada kesatuan Adika Bhayangkari dan berhasil menumpas pemberontakan Kuti. Atas jasa-jasanya itu dia kemudian diangkat menjadi Patih daerah Kahuripan dan pada tahun 1321-1331 dipindahkan menjadi Patih Daha. Selanjutnya sampai wafatnya tahun 1364 menjabat sebagai Patih Mangkubumi Majapahit.

Mon. Gajah Mada Surabaya.jpg

posted @ Friday, August 12, 2011 10:24 AM by Read:3015

MONOMEN JOS SOEDARSO SURABAYA

Peletakan batu pertama pembangunan Monumen Jos Soedarso Surabaya pada tanggal 18 Februari 2009 oleh Kasal Laksamana TNI Tedjo Edy Purdijatno, S.H dan peresmiannya  tanggal 4 Desember 2009  oleh Kasal Laksamana Madya TNI  Agus Suhartono, S. Mon. Yos Sudaraso sby.jpg

posted @ Thursday, August 11, 2011 10:08 AM by Read:2229

MONUMEN BAHARI DI SURABAYA

Monumen Bahari Surabaya dibangun pada tahun 1968 dan dikerjakan oleh seniman pahat dari Yogyakarta. Monumen ini merupakan bukti kuat akan identitas kota Surabaya sebagai kota bahari dan sekaligus menggambarkan kekuatan dan kejayaan TNI Angkatan Laut.

Mon. Bahari sby.jpg

posted @ Thursday, August 11, 2011 10:01 AM by Read:2754

MONUMEN KAPAL SELAM DI SURABAYA

Kapal selam jenis SS Type Whiskey Class dibuat di Vladi Wostok Rusia pada tahun 1952 dan masuk jajaran TNI AL mulai tanggal 29 Januari 1962 dengan tugas pokok menghancurkan garis lintas musuh (anti shipping), pengintaian dan melakukan silent raids. Selama pengabdiannya banyak berperan aktif menegakkan kedaulatan Negara dan hokum di laut. Salah satu pengabdiannya adalah dalam Operasi Trikora pembebasan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda.Mon.Kapal Selam Sby.jpg

posted @ Thursday, August 11, 2011 9:54 AM by Read:5155

MONUMEN ALRI YON 3PANGKALAN IXPASURUAN

Cikal bakal Batalyon 3 ALRI Pangkalan IX Pasuruan dapat ditelusuri dari masa penjajahan Jepang yang saat  itu masih berperang melawan Sekutu. Untuk membantu  kekuatan pasukannya, Jepang kemudian membentuk Sekolah Pelayaran Rendah (SPR) dengan cara merekrut para pelaut bangsa Indonesia. Namun sejak Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan pada 17 Agustus 1945  guru-guru SPR itu kemudian mengambil alih pimpinan Staf Direksi sekolah dan selanjutnya mengubah status SPR menjadi Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut.

Mon.ALRI Pasuruan.jpg

posted @ Thursday, August 11, 2011 9:49 AM by Read:2719

MONUMEN BAHARI TEGAL

Tegal dikenal sebagai Kota Bahari karena selain secara geografi terletak di pesisir Pantura Jawa Tengah, kota ini juga menjadi tempat didirikannya Badan Keamanan Rakyat – Laut (BKR Laut) pada awal kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai cikal bakal dari pembentukan  TNI Angkatan Laut saat ini. Heroisme para pendahulu BKR yang berintikan pemuda-pemuda dari komponen bangsa saat itu antara lain mantan Kaigun Heiho, karyawan Jawa Unko Kaisha, dan siswa serta guru Sekolah Pelayaran Tinggi (SPT) Tegal telah menorehkan tinta emas dalam perjalanan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia hingga di kemudian hari menjadi TNI Angkatan Laut.

Mon. Musium Bahari Tegal.jpg

posted @ Wednesday, August 10, 2011 11:44 AM by Read:2469

MONUMEN KALIBAKUNG TEGAL

Monumen Kalibakung merupakan tanda atau tetenger bahwa di tempat ini dari bulan Mei sampai dengan Juli Tahun 1947 sebagai tempat berdirinya Sekolah Opsir Angkatan Laut  Kalibakung dengan komandannya Mayor Laut R.E Marthadinata.

Mon.Kalibakung Tegal.jpg

posted @ Wednesday, August 10, 2011 11:38 AM by Read:2007

Previous Page | Next Page