Contact us      Link     Video          


           

Current Articles | Categories | Search | Syndication

KRI CUCUT SELAMATKAN KAPAL SINGAPURA DI PERAIRAN BATU BERHENTI

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Tri Prasodjo mengungkapkan bahwa kapal perang TNI Angkatan Laut, KRI Cucut-866 berhasil menyelamatkan sebuah kapal ikan berbendera Singapura dengan Nomor Registrasi P/N SZ 11841-F yang mengalami kerusakan mesin dan terapung-apung hanyut di perairan Batu Berhenti, Selat Singapura, Selasa (25/1).
 
KRI Cucut-866 dengan Kapten Laut (P) Eko Setiono komandan yang sedang melaksanakan Operasi Patroli Terkoordinasi (Patkor) “Indosin” di Selat Singapura menerima informasi dari Pusat Komando dan Pengendalian Angkatan Laut (Puskodal) Gugus Keamanan Laut (Guskama) Komando Armada RI Kawasan Barat, Batam bahwa ada sebuah kapal yang sedang mengalami gangguan mesin disekitar perairan Batu Berhenti.
 
Dalam waktu kurang lebih 45 menit, KRI Cucut-866 tiba di lokasi kejadian, di perairan Batu Berhenti pada posisi 01 10 06 U – 103 52 51 T langsung memberikan pertolongan mengevakuasi kapal dan anak buah kapal.
 
Berkat hasil koordinasi yang cukup baik antara Puskodal Batam dengan MSTF (Maritime Security Task Force) kapal ikan berbendera Singapura dapat terselamatkan dengan baik.
 
Sebelum KRI Cucut- 866 melanjutkan tugas Operasi Patkor Indosin, kapal dan ABK diserahkan kepada Coast Guard Singapura dalam keadaan aman pada posisi 01 12 01 U – 103 52 36 T untuk pengamanan selanjutnya.
 
Menurut Kadispenal, TNI Angkatan Laut akan terus menggelar unsur KRI dan pesawat patrol maritim untuk meningkatkan intensitas operasi keamanan laut di seluruh wilayah perairan Indonesia, termasuk di Selat Malaka dan Selat Singapura dalam memberi rasa aman bagi setiap pengguna laut di wilayah perairan NKRI dan mengantisipasi berbagai ancaman yang akan timbul.

posted @ Monday, January 31, 2011 8:08 AM by

Previous Page | Next Page