Contact us      Link     Video          


           

Current Articles | Categories | Search | Syndication

BAZNAS GELAR PESANTREN KILAT ANAK YATIM DAN DHUAFA DI KRI TANJUNG NUSANIVE-973

 

Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1433 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar acara pesantren kilat yang diikuti 300 anak yatim dan dhuafa tingkat SMP se-Jabodetabek di kapal perang KRI Tanjung Nusanive-973, Senin (6/8/2012).

Kegiatan yang akan diselenggarakan selama tiga hari dua malam, mulai 6 sampai 8 Agustus 2012 ini, dibuka oleh Ketua Umum Baznas Prof. Dr. Didin Hafidhudin, M.Sc. di Ballroom KRI Tanjung Nusanive-973. Hadir pada acara tersebut Pangkolinlamil Laksda TNI S.M. Darojatim, para pejabat teras Kolinlamil dan staf Baznas.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Baznas mengatakan bahwa kegiatan ini  diselenggarakan untuk memberikan pendidikan, motivasi yang sangat penting dalam menatap masa depan, sekaligus membangun keceriaan dengan anak-anak yatim dan dhuafa yang selama ini hidup dalam kekurangan. Dengan adanya dukungan dari TNI AL, diharapkan peserta dapat melatih kedisiplinan serta meningkatkan keterampilan mereka.

Sementara itu, Pangkolinlamil dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung kegiatan ini, dimana dengan diselenggarakannya pesantren kilat Ramadhan ini bertujuan untuk mendidik seseorang menjadi berakhlak, mandiri, penuh kreativitas, mempunyai motivasi untuk maju dan berjiwa kebangsaan serta cinta tanah air.

Berbeda dengan pesantren kilat pada umumnya, Baznas mengemas kegiatan ini dengan cara yang unik, karena diadakan di atas kapal perang TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Kolinlamil. Kegiatan menggunakan KRI Tanjung Nusanive-973 yang akan membawa peserta berlayar dari Jakarta ke Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu) selama tiga hari dua malam, mulai 6-8 Agustus 2012.

Selama tiga hari itu, peserta akan menerima beberapa materi dari para pembimbing, yang meliputi kepemimpinan, motivasi, dan strategi hidup. Para peserta akan dibentuk dalam kelompok yang beranggotakan 12 orang, yang akan dipandu oleh satu orang pembimbing selama kegiatan pesantren kilat berlangsung. Di atas kapal, peserta akan melakukan tour untuk mengenal KRI Tanjung Nusanive, buka puasa bersama serta serangkaian kegiatan ibadah seperti shalat tarawih dan tausyiah agama.

Selain itu, untuk mewujudkan aksi kepedulian terhadap lingkungan, peserta akan melakukan bakti sosial dengan membersihkan pantai, lingkungan dan mushola sekitar serta menanam pohon bakau. Aksi sosial ini akan didampingi oleh karang taruna nasional dan karang taruna setempat.

(Dispen Kolinlamil)

 

posted @ Monday, August 06, 2012 11:08 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page