Contact us      Link     Video          


           

Current Articles | Categories | Search | Syndication

JALASENASTRI BERTEKAD TINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL, PENDIDIKAN, KREATIVITAS DAN CINTA LINGKUNGAN

 

Sebagai organisasi istri prajurit TNI AL, Jalasenastri bertekad untuk bekerja keras dan bersungguh-sungguh untuk meningkatkan kepedulian sosial, pendidikan dan kreativitas, serta cinta lingkungan, yang manfaatnya akan lebih dirasakan bukan saja oleh keluarga besar TNI Angkatan Laut, akan tetapi dirasakan pula oleh masyarakat, yang pada akhirnya akan memicu dan memacu para istri prajurit TNI AL termotivasi untuk berperan lebih aktif dalam organisasi Jalasenastri. 

Demikian dikatakan Ketua Umum Jalasenanstri Ny. Lilik Soeparno dalam sambutannya pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-66 Jalasenastri di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (11/9/2012). Tekad tersebut tampaknya sejalan dengan tema yang diusung pada Peringatan HUT ke-66 Jalasenastri Tahun 2012 ini, yakni: “Dengan Dilandasi Kebersamaan, Jalasenastri Bertekad Meningkatkan Kepedulian Sosial, Pendidikan dan Kreatifitas serta Cinta Lingkungan guna Mewujudkan Kesejahteraan Prajurit TNI Angkatan Laut Beserta Keluarganya.”

Seperti diketahui pembentukan organisasi Jalasenastri pada awalnya bertujuan sebagai bentuk perhatian dinas kepada istri-istri prajurit TNI Angkatan Laut untuk menjalin tali silaturahmi di antara sesama istri prajurit yang sementara waktu ditinggal para suami menjalankan tugasnya, sehingga mampu merasakan adanya saling perhatian dan saling membantu satu dengan yang lainnya, guna menciptakan kebersamaan yang dilandasi rasa silih asah dan silih asuh di antara sesama para istri. Kondisi ini kemudian berkembang sesuai dengan perjalanan waktu, yang pada akhirnya terbentuklah organisasi kumpulan istri prajurit TNI Angkatan Laut yang dikenal dengan nama Jalasenastri. Saat ini Jalasenastri berkembang sebagai organisasi sosial yang bertujuan mendukung pelaksanaan tugas para suami (prajurit TNI AL) sekaligus berperan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-66 Jalasenastri yang seyogyanya dilaksanakan pada tanggal kelahirannya, yakni 27 Agustus 2012, digelar pada Selasa, 11 September 2012 dengan tetap tidak mengurangi kekhidmatan. Berbagai acara ditampilkan dalam perayaan tersebut, antara lain tari-tarian daerah dan pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum Jalasenastri yang diserahkan kepada salah seorang anggota Jalasenastri.

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Jalasenastri yang telah berperan serta dan telah mampu bersinergi dengan dinas, dalam rangka melaksanakan pembinaan keluarga sekaligus meningkatkan kualitas hidup dan tingkat kesejahteraan anggotanya. “Kondisi ini hendaknya tetap dipelihara dan dipertahankan, bahkan ditingkatkan kembali, khususnya perhatian lebih terhadap pembinaan pendidikan bagi para putra dan putri anggotanya. Hal ini menjadi sangat penting karena pendidikan merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan sumber daya manusia yang berguna bagi dirinya dalam menata kehidupannya kelak, sehingga anak-anak kita mampu menjadi kebanggaan bagi keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitarnya, serta bangsa dan negara,” kata Kasal.

Menyinggung tema yang diusung pada Peringatan HUT ke-66 Jalasenastri Tahun 2012 ini, Kasal menganggap sangat relevan dengan kondisi saat ini yang memerlukan ide pemikiran, inovasi dan kreativitas dalam menyiasati perkembangan tata kehidupan yang semakin kompleks, dengan berbagai permasalahan yang harus dihadapi. “Tema tersebut hendaknya bukan hanya sekedar slogan semata,            namun harus dibuktikan melalui berbagai kegiatan nyata, sehingga organisasi Jalasenastri dan seluruh jajarannya mampu menunjukkan eksistensinya dalam mengaktualisasikan dan mengimplementasikan tema peringatan tersebut ke dalam kiprah pengabdiannya,” tegas Kasal. Menurut Kasal, dengan bekerja keras dan upaya yang sungguh-sungguh, implementasi dari tekad untuk meningkatkan kepedulian sosial, pendidikan dan kreatifitas serta cinta lingkungan, manfaatnya akan lebih dirasakan bukan saja oleh keluarga besar TNI Angkatan Laut, akan tetapi dirasakan pula oleh masyarakat.

Kasal juga mengharapkan, agar terus memelihara dan mengembangkan suasana kerja organisasi yang kondusif, dengan rasa saling menghormati dan menghargai, saling mempercayai, serta komunikasi yang penuh keterbukaan, kekeluargaan dan keakraban, sehingga seluruh anggota Jalasenastri merasa dihargai akan peran sertanya bagi kepentingan organisasi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Kepala Staf Angjkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Marsetio, M.M., Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Penny Marsetio, para Pangkotama TNI AL, para pejabat teras Mabesal, para Pengurus Pusat maupun Pengurus Daerah Jalasenastri wilayah Surabaya dan Jakarta.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

 

posted @ Wednesday, September 12, 2012 7:12 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page