Contact us      Link     Video          


           

Current Articles | Categories | Search | Syndication

DANSATRAN KOARMATIM TUTUP FPC LATMA JOINT MINEX 16/13

 

Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansatran) Koarmatim Kolonel Laut (P) Benny Sukandari, S.E., M.M., menutup Final Planning Conference (FPC) Latihan Bersama (Latma) Joint Minex 16/13  di Hotel JW. Marriott Surabaya, Rabu (20/02). Hadir dalam acara tersebut delegasi dari TNI AL dan Republic Of Singapore Navy (RSN) yang dipimpin oleh Komandan Squadron Kapal Ranjau Angkatan Laut Singapura (Commanding Officer 194 Squadron) Leiutenant Commander (LTC)  Lim Hee Peng, didampingi  Atase Laut Singapura untuk Indonesia LTC Tan Bian.

Kegiatan FPC ini berupa diskusi untuk mencapai kesepahaman dan menyamakan persepsi antara delegasi kedua negara, tetang tahapan, kegiatan dan tempat latihan Latma Joint Minex 16/13. Adapun kesepakan yang dicapai oleh delegasi dari TNI AL dalam hal ini Satran Koarmatim dan Squadron Kapal Ranjau RSN diantaranya adalah masing-masing sepakat untuk mengerahkan beberapa kapal perang jenis Buru Ranjau (BR) dan Penyapu Ranjau (PR) pada tahap sea phase atau manuver lapangan pada pertengahan tahun 2013 nanti.

Latma Joint Minex merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh TNI AL dan RSN satu tahun sekali, dengan tujuan untuk mempererat hubungan bilateral antar angkatan laut kedua negara. Joint Minex tahun 2013 adalah latihan ke-16, yang dimulai sejak sekitar tahun 1997. Materi latihan diantaranya adalah pengembangan ilmu dan pengetahuan serta kemampuan awak kapal perang jenis BR maupun PR dalam menghadapi peperangan ranjau laut.

Dalam sambutannya Dansatran Koarmatim menyampaikan beberapa hal diantaranya komitmen yang disepakati pada Final Palnning Conference Joint Minex 16/13 di Surabaya ini dapat terlaksana dengan lancar pada tahap sea phase nanti. Penutupan FPC diakhiri dengan penandatanganan naskah kesepahaman latihan serta pertukaran cendera mata oleh kedua belah pihak.

(Dispenarmatim)

 

posted @ Wednesday, February 20, 2013 8:58 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page