Contact us      Link     Video          


           

Current Articles | Categories | Search | Syndication

POMAL LANTAMAL II TERTIBKAN STIKER TNI

 

Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) Lantamal II Padang Selasa (27/03) melaksanakan operasi Gaktib (Penegakan Ketertiban) terhadap atribut atau lambang-lambang TNI yang dipasang secara sembarangan pada kendaraan-kendaraaan milik pribadi. Komandan Pomal Lantamal II Mayor Laut (PM) Gokdin Gultom, SH. MSc, bertindak memimpin langsung kegiatan operasi Gaktib tersebut yang dilaksanakan di sekitar Jalan M. Thamrin Padang (dekat Hotel Aliga)

Menurut Mayor Laut (PM) Gokdin Gultom, SH, MSc, kegiatan penertiban atribut atau lambang-lambang TNI ini sudah sering dan akan terus dilaksanakan di lokasi-lokasi yang berbeda karena diduga sudah marak kendaraan-kendaraan milik pribadi baik milik anggota TNI maupun warga sipil yang memasang stiker atau lambang TNI tersebut. Terbukti dalam kesempatan operasi Gaktib kali ini dapat disita puluhan stiker dari kendaraan roda empat maupun roda dua.

Lebih lanjut dikatakan, penertiban penggunaan atribut maupun lambang-lambang TNI ini dilakukan sesuai dengan perintah pimpinan TNI dari pusat dan perintah Komandan Lantamal II sendiri karena lambang TNI telah banyak digunakan secara menyalahi aturan, khusunya berupa stiker yang sering ditempel pada badan kendaraan roda empat maupun roda dua ataupun di bagian plat nomor kendaraan. Sesuai aturan, lambang TNI atau stiker hanya boleh dipasang pada kendaraan dinas, bukan untuk kendaraan pribadi. Hal ini juga dilakukan sebagai antisipasi penyalahgunaan atribut TNI oleh warga sipil dengan mengaku-ngaku sebagai tentara dan melakukan kegiatan-kegiatan untuk kepentingan pribadi.

Menurut Danpomal, tidak menutup kemungkinan juga oknum-oknum masyarakat tertentu menggunakan atribut TNI untuk melakukan tindak pidana kejahatan. Gokdin Gultom menghimbau kepada masyarakat luas agar tidak menyalahgunakan pemakaian atribut ataupun simbol-simbol TNI dalam bentuk apapun untuk menjaga nama baik TNI serta demi kenyamanan, keamanan dan ketertiban di tengah – tengah masyarakat. Dihimbau juga kepada pemilik took yang menjual atribut TNI agar memperketat penjualan perlengkapan atau atribut TNI harus dengan memperlihatkan kartu identitas sebagai anggota TNI. (Pen Lantamal II)

posted @ Wednesday, March 28, 2012 2:32 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page