Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

PERINGATI HARI DHARMA SAMUDRA DI MONUMEN YOS SUDARSO

 

Wakil Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Wadan Kobangdikal) Brigjen TNI Marinir Sturman Panjaitan memimpin jalannya upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2013 yang dipusatkan di Monumen Yos Sudarso, depan Mako Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Selasa (15/1/2013).

Peringatan yang dilaksanakan setiap tahun tersebut diikuti sedikitnya 1.500 prajurit, baik tamtama, bintara maupun perwira dan Pegawai Negeri sipil (PNS) dari Kobangdikal dan Lantamal V Surabaya

Hadir dalam peringatan tersebut Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopla) Laksma TNI M. Aswad, Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum Kolonel Laut (T) Tri Sunu Prasetyo, Wadan Komandan Pendikan Marinir Kolonel Marinir Lasmono, para Direktur Kobangdikal dan pejabat teras Kobangdikal lainnya

Kasal Laksdya TNI Marsetio, M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Kobangdikal mengatakan bahwa pada hakikatnya upacara ini merupakan bentuk penghormatan sekaligus untuk mengenang peristiwa heroik berupa pertempuran laut yang terjadi di perairan Laut Aru 51 tahun silam.

Menurutnya dalam pertempuran laut yang tidak seimbang antara kapal perang Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) diantaranya RI Harimau, RI Macan Kumbang dan RI Macan Tutul dengan sejumlah kapal perang tentara laut kerajaan Belanda mengakibatkan tenggelamnya RI Macan Tutul.

“Komodor Yos Sudarso yang saat itu On Board di RI Macan Tutul gugur sebagai kusuma bangsa. Dari keteguhannya, telah menjadi inspirasi dan teladan sejati kepada kita mengenai sikap Kesatria yang rela berkorban jiwa dan raga dalam upaya mempertahankan kedaulatan NKRI,” Jelasnya 

Sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai prajurit matra laut lanjutnya, sikap kepahlawanan dan patriotisme ditunjukkan oleh para ksatria laut sejati hendaknya menjadi contoh dan digunakan untuk membangkitkan tekad dan semangat kita agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan tugas ke depan.

Orang nomor satu dijajaran TNI AL ini berharap, dalam melaksanakan pengabdianya kepada Negara dan bangsa hendaknya masing-masing personil meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia dan profesionalisme yang dimiliki serta memiliki karakter, integritas dan semangat kinerja yang tinggi.

“Jadikan peringatan Dharma Samudera Ini sebagai tonggak dalam mengaktulisasikan nilai kejuangan dan patriotik kepahlawanan dengan memberikan konstribusi positif dan karya nyata kepada negara dan bangsa,” pintanya.

(Pen Kobangdikal)

 

posted @ Wednesday, January 16, 2013 11:38 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page