Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

KAPAL PERANG KOLINLAMIL ANGKUT PASUKAN KE PERBATASAN RI-PNG

 

Salah satu kapal perang TNI AL yang berada di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), KRI Banda Aceh (BAC)-593 mengangkut pasukan TNI Angkatan Darat yang akan melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan Republik Indonesia dengan Papua New Guinea (PNG) bertolak dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta, Senin (28/1/2013).

Usai upacara pemberangkatan Satgas Pamtas RI-PNG, Pangdivif 1 Kostrad, Mayjen TNI Daniel Ambat, didampingi Asops Pangkolinlamil, Kolonel Laut (P) Abdul Rasyid K., S.E. dan beberapa pejabat Kostrad meninjau langsung ke anjungan KRI Banda Aceh-593 yang akan digunakan untuk pergeseran pasukan menuju daerah operasi.

KRI Banda Aceh-593 yang merupakan kapal perang  jenis Landing Platform Dock (LPD) akan mengangkut sekitar 1400 personel ke daerah operasi dengan tujuan Jayapura.

Menurut Komandan KRI BAC-593, Letkol Laut (P) Suratun, pasukan TNI AD yang akan diangkut tersebut terdiri dari kurang lebih 760 personel yang berasal dari Batalyon Infanteri (Yonif)321/Galuh Taruna Majalengka yang berada di bawah naungan Brigif 13 Divisi 1 Kostrad, sedangkan sekitar 100 orang berasal dari pasukan satuan TNI AD di Jakarta tolak dari Dermaga Kolinlamil usai melaksanakan embarkasi pasukan, perlengkapan dan kendaraan operasional yang akan dipergunakan dalam penugasan di Papua.

Sementara sebagian pasukan berasal dari Purworejo, Jawa Tengah, Yonif 412/Raider Kostrad yang akan diangkut dari Semarang untuk menggantikan pasukan yang akan purna tugas dari Satgas Pamtas RI-PNG yaitu Yonif 144/Jaya Yudha Curup Bengkulu.

(Dispen Kolinlamil)

 

posted @ Monday, January 28, 2013 4:57 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page