Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

75 PRAJURIT TNI AL JALANI TES SARINGAN MASUK PENDIDIKAN INTELIJEN MARITIM

 

Sebanyak 75 prajurit TNI AL mulai menjalani tes saringan masuk Pendidkan Intelijen Maritim (Dikintelmar) angkatan ke 35 gelombang 1 tahun 2013 di Mako kobangdikal, Kamis (14/2/2013).

Dari 75 personel tersebut, 25 orang diantaranya adalah perwira pangkat Letda hingga Kapten untuk memperebutkan 15 kursi di Pendidikan Perwira Intelijen Maritim (Dikpaintelmar), sementara itu 50 orang lainnya bintara berangkat Sertu hingga Serma untuk memperebutkan 30 kursi di Pendidikan Bintara Intelijen Maritim (Dikbaintelmar).

Kedua pendidikan tersebut akan berlangsung selama 5,5 bulan di Sekolah perwira dan bintara intelijen yang berada di bawah Pusat Pendidikan Inelijen (Pusdikintel), Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla), Kobangdikal yang berlokasi di Ujung, Surabaya.

Seleksi masuk komuniti intelijen itu akan diisi dengan materi tes kesehatan, kesamaptaan Jasmani, akademik umum dan mental idiologi yang dilangsungkan di mako Kobangdikal, sedangkan materi tes psikologi dan kesehatan jiwa digelar di Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispesial), Juanda.

Untuk kesehata umum dilangsungkan hari ini, dilanjutkan kesamaptaan jasmani yang meliputi Baterei A, berupa lari selama 12 menit minimal menempuh 2400 meter, Baterei B meliputi Pull Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shutlle Run (lari angka delapan) yang digelar di lapangan Laut maluku Kesatrian Bumimoro Kobangdikal, Surabaya.

Menurut ketua panitia penerimaan yang juga Direktur Personalia (Dirpers) Kobangdikal Kolonel Laut (P) Samsul Rizal, dari total 75 orang Casis akan memperebutkan 45 kursi yang tersedia untuk program pendidikan Dikpaintel dan Dikbaintel yang pesertanya dari berbagai korps dan kejuruan yang ada di TNI AL.

“Manfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan karier, karena bidang intelijen adalah salah satu profesi yang ada di TNI AL,” terang pamen melati tiga di pundak tersebut.

Ia berharap, personel yang mengikuti saringan masuk selama sepekan itu harus tetap menjaga kondisi fisik mapun mental agar tetap fit, sehingga dalam jalani tes bisa secara maksimal baik dalam kehadiran maupun capaian nilai yang sesuai standar yang dipersyaratkan untuk bisa mengikuti pendidikan ini.

Pada tahap akhir rangkain tes, para Casis akan menghadapi sidang Panitia Penentuan Akhir (Pantuhir) tanggal 22 Pebruari mendatang yang digelar di gedung Moeljadi dan Martadinata sedangkan pembukaan pendidikan dilaksanakan tanggal 25 Pebruari 2012.

(Pen Kobangdikal)

 

posted @ Friday, February 15, 2013 1:55 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page