Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

TNI AL ADAKAN KERJA SAMA DENGAN BERBAGAI INSTANSI

 

Guna mensinergikan segala sumber daya yang ada agar dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan negara, TNI Angkatan Laut melaksanakan penandatanganan Piagam Kesepakatan Bersama dengan Dewan Kawasan Sabang, PT Meratus Line, dan Yayasan Hang Tuah Jalasenastri, serta penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan dengan Badan Pengembangan Kawasan Sabang, di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/2).   Pada hari dan tanggal yang sama dilaksanakan juga penandatanganan Piagam Kesepakatan Bersama (PKB) antara PT Bank OCBC NISP Tbk. dengan TNI AL dan Yayasan Hang Tuah Jalasenastri.

Dewan Kawasan Sabang dalam hal ini diwakili oleh Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah selaku Ketua Dewan Kawasan Sabang, sedangkan TNI Angkatan Laut diwakili oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio.

Dewan Kawasan Sabang dan TNI Angkatan Laut mengadakan Kesepakatan Bersama dalam bidang Operasional Hyperbaric Chamber dan Pengembangan Potensi Maritim di kawasan Sabang. Kesepakatan yang berlaku selama lima tahun tersebut melingkupi kerja sama dalam pengoperasian hyperbaric chamber yang berada  di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) J. Lilipory Sabang, dan secara bersama-sama melakukan pengembangan potensi maritim di kawasan Sabang.

Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa TNI Angkatan Laut memiliki Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Sabang dan sarana rumah sakit, berdasarkan Undang-Undang No. 37 Tahun 2000 pemerintah menetapkan Sabang sebagai pelabuhan bebas, oleh karena itu TNI Angkatan Laut  memandang perlu untuk bekerja sama dengan Gubernur Aceh selaku ketua Dewan Kawasan Sabang. “Kami bersama akan meningkatkan wisatawan yang ada, karena dengan keindahan alam dan sarana rekreasi laut, perlu adanya sarana hyperbaric. TNI Angkatan Laut yang memiliki dokter di bidang tersebut, termasuk sarana hyperbaric yang ditempatkan di RSAL Sabang dapat digunakan bersama, khususnya untuk membantu masyarakat apabila terjadi kecelakaan pada kegiatan penyelaman,” kata Kasal.

Senada dengan hal tersebut, diungkapkan oleh Gubernur Aceh dr. H. Zaini Abdullah selaku Ketua Dewan Kawasan Sabang mengatakan, “Kita buat itu untuk kepentingan semua, terutama wisata di Sabang karena banyak yang akan menyelam di sana, dan tidak jarang terjadi kecelakaan pada saat penyelaman, oleh karenanya diharapkan dengan adanya hyperbaric camber dapat segera ditolong,” katanya.

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan Kesepakatan Bersama TNI Angkatan Laut dengan Dewan Kawasan Sabang, dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Badan Pengembangan Kawasan Sabang (BPKS) selaku pemilik peralatan multiplace hyperbaric chamber yang diwakili Kepala BPKS Fauzi Hasin dengan Lantamal I Belawan yang diwakili oleh Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Didik Wahyudi, S.E.

Kesepakatan lainnya adalah dengan PT Meratus Line dalam bidang pemberian bantuan beasiswa untuk putra-putri TNI Angkatan Laut yang berprestasi. Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Presiden Direktur PT Meratus Line Charloes Menaro, sedangkan TNI Angkatan Laut diwakili oleh Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio. Di bidang pendidikan, selain PT Meratus Line, TNI Angkatan Laut yang diwakili oleh Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio juga melaksanakan kesepakatan bersama dengan PT Bank OCBC NISP Tbk. yang diwakili oleh Presiden Direktur & CEO PT Bank OCBC NISP Tbk. Parwati Surjaudaja, dan Yayasan Hang Tuah yang diwakili oleh Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Penny Marsetio. Kesepakatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial PT Bank OCBC NISP Tbk. untuk memberikan donasi bantuan biaya pendidikan bagi putra-putri anggota militer dan Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Laut dengan program wajib baca serta pemberian beasiswa bagi putra-putri berprestasi untuk tingkat pendidikan SLTP, SLTA, dan Perguruan Tinggi.

Kesepakatan bersama selanjutnya adalah antara Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) yang diwakili oleh Kadispenal Laksamana Pertama TNI Untung Suropati dengan PT Nindya Wistara yang diwakili oleh Dirut PT Nindya Wistara Ardiawan Renaldi, bertempat di Press Room Dispenal, Mabesal. Kerja sama antara Dispenal dengan PT Nindya Wistara itu dilaksanakan dalam rangka pembuatan film layar lebar cerita fiksi berlatar belakang tentang kegiatan TNI Angkatan Laut. Diharapkan dengan adanya kerja sama dalam pembuatan film tersebut, dapat meningkatkan trust (kepercayaan) masyarakat terhadap TNI Angkatan Laut, sebagai penegak kedaulatan dan hukum di laut, sehingga dapat terwujud TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

 

 

posted @ Friday, March 01, 2013 8:39 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page