Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ANGKATAN LAUT BUKA PROGRAM PASCASARJANA

 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI   Dr. Marsetio selaku orator dalam orasi ilmiahnya yang digelar Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dalam rangka Dies Natalis STTAL Ke-47, di Gedung Marore STTAL, Kobangdikal Surabaya, Jumat (15/3), mengatakan bahwa pada pertengahan tahun 2013 ini Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) akan membuka dan menerima mahasiswa baru S2 program studi Analisis Sistem dan Riset Operasi.

Menurut Kasal, hal ini terbukti dengan  terbitnya surat Dirjen Dikti Kemdikbud Nomor 124/H/KR/2013 tanggal 19 Februari 2013 kepada Komandan STTAL yang memberikan mandat untuk segera membuka Program Pascasarjana Program Studi S2 Analisis Sistem dan Riset Operasi di STTAL. “Ini menunjukkan nilai strategis STTAL di kancah pembangunan nasional dalam mendorong dan memajukan pendidikan iptek keangkatanlautan/kemaritiman di Indonesia,” katanya.

Kasal menjelaskan, untuk mewujudkan SDM yang berkualitas tentu tidak begitu saja secara langsung dapat dimiliki, namun harus melalui suatu proses yang kompleks, bertahap, dan berkelanjutan (longitudinal). “Salah satunya melalui kegiatan pendidikan di lembaga pendidikan, dalam hal ini STTAL, sebagai upaya peningkatan kualitas SDM yang merupakan investasi jangka panjang dan sangat berpengaruh terhadap perubahan kultur organisasi TNI Angkatan Laut pada  masa mendatang,” tegas Kasal.

STTAL adalah salah satu satuan pelaksana pendidikan di lingkungan Kobangdikal yang telah berdiri sejak tahun 1966, dan kini telah berusia 47 tahun. Bertugas menyelenggarakan program pendidikan pengembangan di bidang teknologi pertahanan keangkatanlautan. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut  atau disingkat STTAL adalah unsur pelaksana dan pembinaan di tingkat komando pelaksana Kobangdikal yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Kobangdikal.  STTAL memiliki tugas pokok membantu Dankobangdikal dalam melaksanakan  pendidikan yang dipersyaratkan bagi sekolah tinggi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) keangkatanlautan serta membina seluruh jajaran kekuatannya termasuk sarana dan prasarana pendukung organiknya untuk mendukung tugas pokok Kobangdikal.

Spesifikasi bidang yang dikaji di STTAL utamanya adalah Analisis Sistem dan Riset Operasi, hal ini merupakan keunggulan positif yang dimiliki. Outcome (hasil didik) atau lulusan/alumni STTAL saat ini telah bekerja dan berkarya di berbagai satuan baik satuan operasional maupun lembaga pendidikan di lingkungan TNI/Polri dan telah terbukti memiliki kompetensi yang dapat diandalkan oleh organisasinya masing-masing. STTAL saat ini memiliki program studi yang telah terakreditasi oleh BAN-PT, meliputi: Program Studi S1 dan D III Teknik Mesin, Program Studi S1 Teknik Elektro serta D III Teknik Elektronika dan Teknik Informatika, Program Studi S1 Teknik  Manajemen Industri, Program Studi S1 Hidrografi  dan  D III Hidro-Oseanografi, dan Program Studi S2 Analisis Sistem dan Riset Operasi.

Di akhir orasinya, Kasal mengharapkan kedepan STTAL berpeluang untuk tampil menjadi center of excellent dibidang pengembangan teknologi pertahanan nasional khususnya teknologi keangkatan lautan/kemaritiman.  “Ke depan STTAL akan dapat dikembangkan sebagai research university yang dapat dibanggakan baik di lingkup organisasi TNI Angkatan Laut maupun TNI/Kemhan bahkan Bangsa Indonesia secara makro dan berpeluang menjadi lembaga pendidikan penghasil tenaga pengembang teknologi pertahanan keangkatanlautan/kemaritiman tingkat Magister (S-2) dan Doktor (S3) guna memenuhi kebutuhan SDM dalam rangka percepatan pengembangan Transfer of Technology (ToT) di bidang teknologi keangkatanlautan/kemaritiman,” ujarnya sembari menutup orasi.

Usai menyampaikan orasinya, Kasal berkesempatan menyerahkan Surat Izin Operasional program studi S2 kepada Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) Laksda TNI Djoko Teguh Wahojo, Penyerahan Sertifikat Orasi Ilmiah dari Komandan STTAL Kolonel (E) Drs. Siswo H. Sumantri S.T., M.MT., kepada Kasal, dan sarasehan dengan narasumber Guru Besar bidang Teknik Industri dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Prof. Dr. ir. Budi Santoso, M.Sc., dan Komandan STTAL.

Turut hadir dalam acara ini Asena Kasal, Aspam Kasal, Aspers Kasal, Pangarmatim, Gubernur AAL, Danseskoal, Kadisdikal, Kadiswatpersal, Kadisfaslanal, Danpasmar 1, Danlantamal V, serta hadir pula para akademisi  universitas dari Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Stikom, Tenaga Pendidik (Gadik), Dosen, dan para alumni STTAL yang diundang.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

 

 

posted @ Friday, March 15, 2013 7:39 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page