Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

TINGKATKAN KEMAMPUAN, PRAJURIT LANAL MATARAM LAKSANAKAN LATIHAN MENEMBAK

 

Dalam upaya meningkatkan keterampilan dan kemahiran penguasaan menggunakan senjata serta meningkatkan profesionalisme, prajurit Pangkalan Angkatan Laut Mataram pekan lalu melaksanakan latihan P1 dan P2 pada TW I Tahun 2013 dengan materi menembak. Kegiatan diawali dari Markas Komando Lanal Mataram Jl. Malomba No. 02 Ampenan Mataram dan lapangan tembak Satbrimobda Polda NTB Jalan Industri kota Mataram provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dalam latihan ini dikasanakan mulai dari teori, pengenalan berbagai macam senjata yang ada, karakteristiknya, kemahiran bongkar pasang, latihan dan drill-drill kering menembak sampai pada pelaksanaan menembak.

Kegiatan ini merupakan program kerja Pangkalan dalam upaya meningkatkan keterampilan dan kemahiran penguasaan menggunakan senjata serta meningkatkan profesionalisme prajurit Lanal Mataram dalam menggunakan senjata, baik laras panjang maupun pendek dengan harapan prajurit laut Lanal Mataram selalu siap sedia dalam situasi dan kondisi apapun bahkan siap untuk bertempur sekalipun sehingga seluruh tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh Negara khususnya hal keamanan di wilayah laut dan pertahanan negara, akan dapat tercapai dan terlaksana dengan baik.

Adapun teknik dalam pelaksanaan latihan menembak kali ini dilakukan dengan dua gelombang yaitu yang pertama menembak senjata laras panjang, dimana para petembak laras panjang ini diberikan kesempatan untuk menembak sasaran dengan tembakan percobaan tiga butir puluru pada sikap tiarap dan penilaian dengan tiga sikap, mulai tiarap, duduk dan berdiri, dengan masing-masing sepuluh butir peluru semuanya pada jarak 100 meter.

Pelaksanaan diikuti seluruh prajurit baik Perwira, Bintara maupun Tamtama Lanal Mataram. Sedangkan gelombang ke dua senjata laras pendek (Senpi) dikhususkan bagi Perwira, personel Intel dan Pomal, dengan pelaksanaan 3 butir peluru percobaan dan sepuluh butir peluru penilaian dengan sikap berdiri. Untuk kesempatan latihan menembak Senpi, yang biasanya hanya dilakukan secara statis tapi pada kali ini juga dilaksanakan tembak Senpi reaksi  dengan sikap berdiri, jongkok dan tiarap.

Kegiatan menembak di bawah pimpinan Latihan Pasops Lanal Mataram Mayor Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim, S.T. dihadiri dan sekaligus diikuti oleh Komandan Lanal Mataram Kolonel Marinir Suhono, Pasintel Lanal Mataram Mayor Marinir Septino Lasamahu, S.E. dan seluruh Perwira Staf, Kasatker serta seluruh anggota Militer Lanal Mataram dengan  pelaksanaan serangkaian kegiatan berjalan lancar dan aman.

(Pen Lanal Mataram)

posted @ Wednesday, April 03, 2013 9:30 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page