Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

ANTRI UNTUK COBA SIMULATOR KAPAL PERANG

 

Simulator kapal yang disuguhkan Stand Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) tidak tidak kalah menariknya, hal tersebut terbukti dengan berjubelnya para pengunjung pameran baik anak SD, SMP, SMA dan masyarakat umum untuk antri mencoba simulator kapal perang, Jumat (14/6/2013).

Salah satu simulator yang ditampilkan adalah Dynamic Positioning Maneuvering System (DPMS). DPMS merupakan simulator yang berfungsi untuk melatih personel anjungan kapal perang (KRI) dalam bermanuvera dan bernavigasi keluar masuk alur pelabuhan.

Bila dilihat dari kemampuan simulator DPMS, peralatan tersebut memiliki kemampuan untuk latihan operasional peralatan anjungan, seperti GPS, Radar ARPA, ENC/ECDIS, ALS, ECHO SONDER, THROTTLE, RUDDER.

Simulator ini juga bisa untuk melatihan navigasi perorangan seperti:  pengenalan peta, plotting, membaring, pemanduan buta, manuver kapal dll. Lalu untuk latihan manuver kapal taktis, Station keeping, prosudur MOB, rapat/sandar dan latihan komunikasi seperti  prosedur komunikasi external. Selain itu dilengkapi juga dengan pendalaman peraturan pencegahan tubrukan di laut.

Tak heran bila para pengunjung berusaha antri untuk merasakan simulator untuk melatih keterampilan para pelaut dalam mengendalikan kapal perang yang tampilannya seperti main game tersebut.

(Pen Kobangdikal)

 

posted @ Sunday, June 16, 2013 1:01 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page