Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

NETRALITAS TNI HARUR TETAP TERJAGA HINGGA PEMILU PRESIDEN DAN WAPRES 2009


Peran serta seluruh prajurit TNI dengan segala disiplin, dedikasi dan loyalitasnya dalam mengamankan dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009, serta atas konsistensi dan pelaksanaan komitmen netralitas TNI dalam politik praktis, Panglima TNI mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Keberhasilan ini dapat dijadikan sebagai modal utama, dalam rangka mengamankan dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil presiden 2009 yang akan datang, demikian amanat Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso yang disampaikan oleh Gubernur AAL Laksda TNI Moch. Jurianto, S.E. pada upacara Bendera di lapangan Banda AAL, Bumimoro, Surabaya, Jum’at (17/04).
 
Perlu disadari bersama bahwa tantangan tugas TNI ke depan, akan semakin kompleks dan tidak ringan. Mencermati hasil pelaksanaan Pemilu legislatif beberapa waktu yang lalu, masih menyisakan beberapa persoalan yang menimbulkan rasa ketidak puasan bagi sebagian kontestan Pemilu dan masyarakat Indonesia. Masalah-masalah yang mengemuka akhir-akhir ini antara lain persoalan banyak warga negara yang berhak ikut Pemilu tetapi tidak bisa ikut memilih, tertukarnya surat suara yang mengakibatkan Pemilu tertunda dan terpaksa diulang. Lambatnya hasil perhitungan KPU serta klaim dari beberapa peserta Pemilu yang menyatakan adanya kecurangan-kecurangan yang sistematis dalam pelaksanaan Pemilu tahun ini.
 
Untuk itu kepada seluruh prajurit TNI di manapun bertugas dan berada, agar senantiasa mencermati perkembangan yang terjadi di tanah air, dengan tetap fokus kepada tugas pokok satuan masing-masing, serta terus meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan guna mengantisipasi setiap perkembangan yang ada. Dalam menyikapi dinamika perkembangan situasi keamanan nasional, pada kondisi tertib sipil, tugas perbantuan TNI kepada POLRI, telah diatur sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, yaitu sesuai dengan Juklak operasi TNI yang tertuang dalam surat keputusan Panglima TNI.
 
Diakhir amanatnya Panglima TNI berpesan antara lain perhatikan disiplin, kedepankan tanggung jawab, patuhi aturan dan prosedur dalam pengelolaan anggaran, tingkatkan kewaspadaan dan ketanggapsegeraan terhadap setiap perkembangan situasi, pelihara dan tingkatkan terus profesionalitas dan kesiapsiagaan operasional satuan, tingkatkan disiplin, dedikasi dan loyalitas serta perkokoh soliditas dan solidaritas satuan dalam tubuh TNI, dan tegakkan rantai komando serta mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas. (Bagpen AAL)

posted @ Friday, December 25, 2009 10:09 AM by

Previous Page | Next Page