Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

PASIS DIKLAPA TNI AL, AKHIRI OLAH YUDHA OPERASI AMFIBI

 

Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan ke-19 mengakhiri latihan Olah Yuda Operasi Amfibi (Opsfib) selama satu minggu setelah menguji rencana operasi di Tactical Floor Game (TFB), Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata, Kobangdikal Bumimoro, Surabaya, Rabu (13/6/2012).

Berakhirnya latihan Operasi Amfibi (Opsfib) tersebut, ditutup Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Laksma TNI Yayat Achmad Hadirat yang dihadiri Wadan Kodikopsla Kolonel Laut (P) Sandi Asmara, Komandan Pusdiklapa Kolonel Laut (P) Ganif Deswantoro, Komandan Selapa  Letkol Laut (P) Kemas Ikhwani  dan pejabat dijajaran Kodikopsla lainnya.

Menurut Dankodikopsla, operasi amfibi merupakan salah satu bentuk operasi yang dilaksanakan TNI, yang melibatkan gabungan dari unsur darat laut dan udara. Dalam operasi ini, TNI AL memegang peran utama. Oleh karena itu, Ia berharap perwira TNI AL mengetahui, mengerti dan memahami tahapan demi tahapan operasi sesuai dengan prosedur operasi secara baik dan benar.

OYU Operasi Amfibi yang diikuti 130 Pasis ini, merupakan latihan tahap akhir sebelum mereka menyelesaikan pendidikan Diklapa TNI AL. Tahapan-tahapan OYU tersebut, antara lain tahap perencanaan, koordinasi tingkat posko hingga mempraktekan dalam bentuk simulasi di TFG.

Latihan ini, lanjutnya bertujuan untuk memberikan pengalaman praktek kepada Pasis baik sebagai komandan maupun perwira staf dalam satu kegiatan operasi tingkat gugus tugas serta kegiatan proses perencanaan operasi militer, khususnya operasi laut dan amfibi

”Saya percaya dengan selesainya latihan OYU Opsfib ini, siswa bisa mengerti dan memahami setiap tahap jalannya operasi ini, sehingga ketika kalian dilibatkan dalam operasi sesungguhnya dapat memberikan kontribusi nyata bagi keberhasilan suatu operasi amfibi,” terang perwira tinggi bintang satu ini.

Sementara itu Komandan Pusat pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Kolonel Laut (P) Ganif Deswantoro mengatakan jumlah siswa yang terlibat dalam latihan ini adalah 130 siswa yang terdiri 50 siswa dari kejuruan Komando Umum (korps pelaut), 16 siswa Kejuruan Komando Tempur (korps marinir) dan 64 orang kejuruan Bantuan tempur (korps teknik, elektro, suplai, kesehatan, khusus dan pomal)

(Pen Kobangdikal)

posted @ Wednesday, June 13, 2012 10:43 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page