Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

PANGARMATIM: TUGAS TNI DAN POLRI TIDAK DAPAT DIPISAHKAN

 

Pertahanan dan Keamanan  yang menjadi tugas TNI dan Polri sesungguhnya merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini karena keduanya saling mempengaruhi serta saling mengisi dalam upaya menciptakan stabilitas negara.

Penegasan tersebut disampaikan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum pada saat memberikan pengarahan kepada para Taruna Akademi TNI dan Polri  dalam kegiatan Bhineka Eka Bhakti yang berlangsung di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) Koarmatim Ujung Surabaya, Selasa (19/6).

Namun sebagaimana yang  kita ketahui, lanjut Pangarmatim, pasca reformasi, kegiatan pertahanan dan keamanan menjadi dua hal yang terpisah dan dianggap tidak saling berhubungan. Kondisi ini ternyata menimbulkan ekses yang tidak menguntungkan, dimana sinergitas antara tugas TNI dan Polri tidak terwujud secara optimal dalam upaya memelihara stabilitas keamanan negara. Salah satu dampaknya, adalah banyak terjadi kesalahpahaman terutama pada level bawahan yang berdampak pada kerugian material maupun personel TNI dan Polri.

Oleh karenanya, melalui kegiatan Bhineka Eka Bhakti yang dilaksanakan di Mako Koarmatim ini, akan dapat memberikan pengenalan dan pengetahuan, khususnya tentang matra laut/TNI AL kepada para Taruna Akademi TNI dan Polri tingkat satu. “Melalui pengenalan ini diharapkan akan dapat meningkatkan pemahaman para taruna terhadap tugas-tugas TNI AL, sehingga mampu menciptakan integrasi dan sinergi yang tinggi antar matra TNI maupun Polri,”kata Pangarmatim.

Dikatakan Pangarmatim, bahwa kegiatan Bhineka Eka Bhakti pada dasarnya merupakan salah satu upaya tindak lanjut pimpinan TNI/Polri dalam membina dan meningkatkan kualitas para Taruna Akademi TNI dan Polri, dimana nantinya sebagai perwira yang akan mengisi organisasi TNI/Polri, akan memegang peran sentral, strategis dan penting. “Ditangan kalian, terletak tugas dan tanggung jawab yang besar dalam mewujudkan dan menciptakan keberhasilan masa depan TNI/Polri,”tegas Pangarmatim.

Selama di Mako Koarmatim, sebanyak 815 Taruna Akademi TNI dan Polri yang mengikuti Bhineka Eka Bhakti ini selain mendapat pengarahan dari Pangarmatim juga diputarkan film sekilas profil Koarmatim. Disamping itu, para taruna ini juga mengikuti Joy Sailing dengan menggunakan KRI dr. Soeharso-990 serta menyaksikan demo pembebasan sandera oleh Satkopaska Koarmatim.

(Dispenarmatim)

posted @ Wednesday, June 20, 2012 12:42 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page