Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

HARI PERTAMA JABAT DANKOBANGDIKAL, LAKSDA TNI DJOKO TEGUH WAHOJO TUTUP DIKLAPA

 

Dihari pertama menjabat Komandan Kobangdikal setelah kemaren menerima tongkat komando dari Laksda TNI Sadiman, S.E, Laksma TNI Djoko Teguh Wahojo memimpin penutupan Pendidikan Lanjutan Perwira angkatan ke-19, Aplikasi Diklapa dan Pendidikan Kematraan (Dikmatra) TNI AL  2012 di Gedung Moeljadi, Kesatrian Bumimoro, Rabu (20/6/2012).

Penutupan Diklapa yang berada di bawah Sekolah Lanjutan Perwira, Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Kobangdikal tersebut, diikuti 180 orang terdiri 132 orang Siswa Diklapa Angkatan ke-19, 26 orang siswa Aplikasi Diklapa dan 22 orang siswa Dikmatra.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Kobangdikal Brigjen TNI marinir P. Verry Kunto, G.SH, Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut Dankodikopsla Laksma TNI Yayat Achmad Hadirat, M. Si (Han), para Direktur dan Komandan Kodik di lingkungan Kobangdikal.

Dalam upacara penutupan pendidikan tersebut, Kapten Laut (P) Arif Kurniawan yang sehari harinya menjabat Kepala Departemen Operasi (Kadepnops) KRI HIU-804 Satuan Kapal Patroli (Satrol) Koarmatim dikukuhkan sebagai lulusan terbaik dan berhak mendapatkan medali “Adi Jala Yudha“.

“Alhamdulillah, semoga ini menjadi pemacu bagi saya untuk lebih giat belajar dan berkarya lebih bagus lagi untuk TNI AL kedepan,”uUjar Arief sapaan akrab lulusan AAL angkatan ke- 47 tahun 2001 ini.

Menurut Komandan Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira Kolonel Laut (P) Ganif Deswantoro, Program Diklapa berlangsung selama 5,5 bulan terbagi dalam 3 kelompok yakni Komando Umum sebanyak 54 siswa, Komando Tempur 16 siswa dan Bantuan Tempur paling banyak yaitu 62 siswa.

Sedangkan Aplikasi Diklapa yang seluruhnya telah menempuh pendidikan jenjang S2 di berbagai universitas ini lanjutnya, berlangsung selama dua bulan dan diikuti 26 siswa, sementara itu Pendidikan Matra TNI AL yang merupakan lulusan Diklapa non TNI AL (pendidikan setingkat Diklapa yang ditempuh di Selapa TNI AD atau Sekau TNI AU) di ikuti 22 siswa.

Sementara itu Dankobangdikal dalam amanatnya mengatakan bahwa dimasa mendatang dinamika lingkungan strategis berkembang dinamis dan pasti akan mewarnai dan berpengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan bangsa dan Negara, kecenderungan ini akan menimbulkan berbagai permasalahan nasional yang semakin dinamis dan menuntut penyelesaian dengan pendekatan lebih komprehensif dan integrative.

Oleh karenanya mantan siswa harus selalu mengembangkan ilmu dan pengetahuan yang telah diterima dalam pendidikan sesuai medan penugasan masing-masing. Ia mengingatkan, lulusan Diklapa TN I AL harus terus berupaya meningkatkan kepekaan terhadap dinamika perkembangan yang terjadi.

“Jadikan kebijakan pemimpin TNI/TNI AL sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas,  belajar dan kembangkan terus kemampuan yang dimiliki secara optimal,” seru laksamana  bintang satu asal Jombang ini.

(Pen Kobangdikal).

 

posted @ Wednesday, June 20, 2012 1:14 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page