Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

KOBANGDIKAL LULUSKAN 69 PRAJURIT SEPESIALIS INTELJEN DAN PASUKAN KATAK

 

Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) kembali meluluskan 69 Prajurit TNI AL terbaiknya yang memiliki spesialisasi intelijen dan Pasukan Katak pada Kamis (2/8).

Penutupan pendidikan dan penyematan Brever Pendidikan Pasukan Katak angkatan ke-35 tersebut, dipimpin  Komandan Komando pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Laksma TNI  Yayat Achmad Hadirat, M.Si. (Han) di lapangan Apel Kodikopsla, Ujung, Surabaya.

Dari 69 Prajurit tersebut, 20 orang diantaranya mantan siswa pendidikan perwira intelijen (digembelng 4 bulan),   21 oarang mantan siswa pendidikan perwira intelijen (digembleng 5,5 bulan) dan   28 orang mantan siswa pendidikan brevet pasukan katak yang digembelng 10 bulan.

Komandan Kodikopsla berharap, keberhasilan dalam pendidikan ini akan mampu meningkatkan motivasi, dedikasi dan loyalitas serta profesionalisme dalam pengabdian kepada TNI AL melalui bidang Intelijen dan Pasukan Katak.

Menurutnya, Ilmu pengetahuan keterampilan yang diperoleh dalam pendidikan ini merupakan kemampuan dasar yang perlu dikembangkan lebih lanjut, dengan latihan yang bertahap bertingkat dan berlanjut, diharapkan bisa menyelesaikan segala penugasan yang dibebankan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak pada meningkatnya intensitas dan kualitas ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik dari dalam maupun luar negeri, akan berpengaruh terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga tantangan dan tuntutan tugas yang dihadapi akan semakin berat.

Pengabdian dan prestasi kerja yang tinggi, lanjutnya,  dalam pengumpulan dan pengolahan data, akan sangat membantu tugas dinas intelijen satuan operasi dalam rangka pembinaan unsur-unsur maritime, sehingga diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan satuan atau pihal-pihal terkait lainnya.

Sementara itu, bagi mantan siswa Pasukan Katak, Yayat –sapaan akrab laksamana bintang satu asal Bandung ini-  menekankan bahwa Paska merupakan salah satu pasukan elit TNI AL, yang mempunyai peran ganda, disamping melaksanakan tugas-tugas intelijen, pasukan katak juga harus mampu melakukan penyusupan melalui laut, demolisi bawah air, terutama untuk mendukung operasi amfibi dan peperangan khusus bawah air, dekati sasaran operasi baik melalui laut, darat maupun udara.

Menurutnya, personel intelijen dan Paska, selain di tuntut professional juga ditutut memiliki semangat juang dan pengabdian serta kejujuran yang tinggi, tidak tergoyahkan oleh godaan dan tantangan seberat apapun, sehingga dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan penuh rasa tanggungjawab serta senantiasa berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Komandan Kodikopsla Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T, Para Komandan Pusdik, Kadep, Komandan Sekolah, Instruktur, perwira staf Kodikopsla dan pejabat teras lainnya.  

(Pen Kobangdikal)

 

posted @ Friday, August 03, 2012 4:00 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page