Contact us      Link     Video          


           
Cakrawala Flipbook
Edisi : 435 TAHUN 2017 31
Ringkasan : Pembaca yang budiman.....
    Kami hadir menemui para pembaca dimanapun berada. Seperti biasa kami membawa kabar baik, baru dan tentu saja informatif. Harapannya, informasi yang tersaji bisa semakin menambah cakrawala kita dalam menyongsong masa depan.
    Sejumlah tulisan kami hadirkan dalam bentuk wawancara, ulasan maupun profil dalam berbagai ragam dan tema. Salah satu tulisan yang juga sebagai bentuk kebanggaan TNI AL adalah hadirnya KRI R.E. Martadinata-331. Kapal perang yang diproduksi di dalam negeri ini sangat membanggakan. Karena dilengkapi dengan berbagai senjata tempur yang mematikan.
Terkait dengan ulang tahun Kodiklatal dan ulang tahun Puspenerbal, edisi kali ini menampilkan tulisan hasil wawancara dengan Komandan Kodiklatal dan Komandan Puspenerbal.
    Wawancara dengan Komandan Lantamal XIII Tarakan juga memperlihatkan kesiapan jajaran TNI AL dalam menjaga kedaulatan NKRI. Tak berlebihan bila Lantamal XIII disebut sebagai garda terdepan bangsa, mengingat posisinya yang langsung berhadapan dengan wilayah negara lain.
    Ada juga tulisan dalam bentuk opini yang diharapkan bisa menjadi bahan pencerahan dan menambah pengetahuan para pembaca. Tulisan lain yang masih terkait dengan dunia kemaritiman adalah wawancara dengan sejarawan JJ Rizal yang banyak mengupas soal kejayaan bangsa Indonesia di masa lalu sebagai negara maritim.
    Kami juga menyajikan beberapa tulisan ringan tetapi sangat penting, tentang public speaking. Keterlibatan para Perwira Tinggi TNI AL membuat kegiatan ini makin berbobot apalagi dengan narasumber yang kompeten. Masih banyak laporan dan tulisan lain yang menarik, semoga kehadiran Cakrawala edisi ini bermanfaat.
Salam Cakrawala.
Tanggal : Sunday, August 20, 2017

Edisi : EDISI 434 TAHUN 2017 30
Ringkasan :

Pembaca yang budiman….

Rutinitas seringkali membuat kita jenuh hingga membutuhkan sesuatu yang baru dan segar. Kami selalu hadir menjumpai pembaca tanpa rasa jenuh, karena selalu membawa dan menyajikan hal-hal baru dan segar untuk menginformasikan mengenai berbagai hal terutama kondisi actual di sekitar angkatan laut.

Berbagai kondisi dan peristiwa baru itu, tentu saja kami rangkai dalam bentuk sajian tulisan berita dan juga artikel sehingga pembaca mendapatkan informasi yang baru dan lengkap. Di antaranya kami menyajikan beberapa topik utama yang menjadi unggulan seperti artikel mengenai keharusan pembelaan terhadap kedaulatan tanah air serta profil Laksamana Muda TNI Taufiq R., yang menjadi orang nomor dua di lingkungan TNI AL.

Perairan Natuna di kawasan Laut China Selatan yang merupakan bagian dari wilayah Indonesia juga menjadi perhatian Cakrawala untuk selalu meng-update perkembangannya. Laporan artikel tentang Gunboat

Diplomacy sangat relevan dan punya korelasi dengan kondisi perairan Laut China Selatan. Begitu juga tentang kemampuan Indonesia dalam menghadirkan peralatan perang sendiri buatan dalam negeri yang mumpuni menjadi kabar baik bagi bangsa untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Masih banyak lagi laporan lain dalam edisi ini baik yang sifatnya informatif seperti kegiatan Kasal, sejarah kehebatan militer Indonesia di era 60-an yang ditakuti, serta pariwisata keindahan Kepulauan Anambas di ujung perbatasan tanah air dengan negara sahabat.

Semua kami sajikan dalam bentuk tulisan yang layak untuk dibaca dan dinikmati sebagai wahana penambah keilmuan dan pengetahuan.

Selamat membaca.

Tanggal : Monday, May 1, 2017

Edisi : 433 Tahun 2016 29
Ringkasan :

Salam Jalesveva Jayamahe!

Pembaca yang budiman….

Kami hadir kembali menemui pembaca untuk membawa kabar dalam suasana Hari Armada. Pada Cakrawala edisi 433 kali ini, kami menyajikan laporan utama berupa hasil Latihan Armada Jaya XXXIV tahun 2016. Latihan itu makin membanggakan ketika dihadiri oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Pada dasarnya, latihan Armada Jaya ini bertujuan untuk mengukur kemampuan prajurit dan mengukur kekuatan operasional serta keterpaduanSSAT guna mendukung operasi gabungan TNI.

Sail Selat Karimata turut melengkapi terbitan Cakrawala edisi ini sebagai bukti TNI Angkatan Laut dalam mendukung kebijakan pemerintah mewujudkan Poros Maritim Dunia. Hal ini juga didukung dengan sajian tulisan Armada RI yang siap mengawal Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Wawancara dengan Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Nur Singgih P, S.E., M.Tr (Han) melengkapi Cakrawala 433 yang sekaligus membuktikan bahwa peran pangkalan militer Angkatan Laut sangatlah penting dalam menjaga wilayah tanah air.

Sejumlah tulisan dan laporan lain akan melengkapi terbitan Cakrawala edisi ini, seperti reorientasi paradigma pembangunan bangsa dari berbasis daratan ke berbasis kelautan.

Ulang tahun Korpri turut diulas untuk melengkapi warna-warni edisi ini. Begitu juga yang tak kalah pentingnya kunjungan Presiden RI ke Ksatrian Marinir Cilandak serta ulasan sejarah TNI Angkatan Laut dalam mempertahankan kemerdekaan juga menjadi ulasan yang patut disimak.

Ulasan tentang Kapal Latih Bima Suci dan Kapal Selam Diesel Elektrik (KSDE) juga menjadi bagian menarik yang tak terpisahkan dari profesionalitas TNI AL dalam bentuk alutsista terbaru dan tercanggih yang dimiliki TNI AL.

Melengkapi edisi ini, adalah tentang pariwisata, keberhasilan Tim Voli TNI Angkatan Laut menyabet gelar juara pada Piala Panglima TNI tahun 2016, yang tentunya masih banyak ulasan dan laporan lain dari yang ringan hingga serius untuk disimak dari Cakrawala edisi ini.

Selamat membaca.

Tanggal : Wednesday, December 14, 2016

Edisi : EDISI 432 TAHUN 2016 28
Ringkasan : Salam Jalesveva Jayamahe!

Pembaca budiman…
    Kami hadir kembali menemui pembaca untuk membawa kabar. Meski masih dalam suasana dirgahayu TNI AL ke-71, Cakrawala edisi ini tampil dalam laporan rutin. Terkait dengan ulang tahun TNI AL edisi kali ini menampilkan tulisan berupa Transformasi Kepemimpinan Meningkatkan Soliditas.
    Laporan utama Cakrawala fokus pada upaya mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Pandangan kritis budayawan Radar Panca Dahana menjadi sisi lain yang perlu perenungan semua pihak. Sedangkan Bambang Nurakhim melengkapi tulisan tentang negara maritim sebagai strategi pembangunan di Indonesia.
     Wawancara dengan prajurit teladan Laksamana TNI (Purn) Widodo AS juga menambah wawasan bagi prajurit masa depan dalam membangun semangat dan kepercayaan diri TNI.
    Masih banyak tulisan-tulisan lain yang juga menarik terkait dengan perjuangan. Misalnya bagaimana memperjuangkan kedaulatan dan hak berdaulat NKRI di Laut Cina Selatan yang akhir-akhir ini memanas. Begitu pula BKR Laut yang berjuang sebagai embrio TNI AL dan Wisuda Purnawira sebagai tradisi khas TNI Angkatan Laut.
   Beroperasinya KRI Cakalang-852, KRI Tarakan-905 dan Roket Multi Launch Rocket System Kaliber 122 MM Vampire, serta rencana Indonesia punya kapal layar tiang tinggi canggih akan melengkapi laporan Cakrawala edisi ini. Belum lagi tulisan lain yang dikemas serius tapi santai, seperti resensi buku, pariwisata, latihan perang maritim, dan outbond di lingkungan militer.
    Semua laporan disampaikan dengan bahasa lugas dan pantas tanpa maksud menggurui. Harapannya kehadiran Cakrawala memenuhi keinginan dan menambah wawasan pembaca.
    Selamat membaca...
Tanggal : Sunday, September 18, 2016

Edisi : Edisi 431 Tahun 2016 27
Ringkasan : Salam Jalesveva Jayamahe!

    Pembaca budiman…
   Kami hadir kembali menemui pembaca untuk membawa kabar, informasi, pengetahuan dan opini. Rubrik-rubrik menarik tetap kami kemas sehingga benar-benar menjadi kabar yang ditunggu-tunggu.
   Selain rubrik berita, layaknya penampilan, kami pun terus berbenah dari sisi artistik diharapkan makin cantik, enak dipandang hingga punya daya tarik.
    Rubrik idola kami tampilkan dengan berbagai varian dan informasi yang bermanfaat hingga peristiwa paling aktual. Tentu saja kegiatan-kegiatan di lingkungan TNI AL adalah basis prioritas kami.
   Untuk terbitan nomor ini, Cakrawala masih tetap mengungkap keunggulan di laut sebagai laporan utama. Apalagi itu memang menjadi komitmen Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang ingin mengangkat kejayaan laut Indonesia.
   Tekad Presiden menjadikan kejayaan Indonesia di laut tidak hanya diungkapkan di dalam negeri tetapi juga dalam pidato pada IMO.
    Laporan-laporan menarik yang kami ulas diantaranya Marinir menaklukkan Selat Madura dengan berenang. Kali ini pasukan
pendarat Amfibi memecahkan rekor MURI.
    Ketanggungan Kopaska pasukan elit Angkatan Laut juga kami ulas untuk menunjukkan kehebatannya.
   Di dunia pendidikan, Cakrawala juga menampilkan Seskoal yang mendidik calon pemimpin. Hal ini bisa diketahui dari sejumlah lulusannya yang mampu menduduki puncak jabatan Angkatan Laut di negaranya masing-masing.
   Kejayaan Kowal di lapangan tanding mempertahankan gelar juara Kartini Cup XVI 2016 menjadi kebanggaan di luar ‘ring’ kegiatan kemiliteran.
   Masih banyak lagi laporan lain yang kami sajikan semoga dapat menjadi bacaan yang menarik dan informatif.
   Selamat membaca...
Tanggal : Tuesday, July 12, 2016

>>>