Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

KADISPENAL: INSAN PENERANGAN TNI AL DITUNTUT MAMPU BERKOMUNIKASI SECARA PROFESIONAL


Kadispenal Laksamana Pertama TNI Untung Suropati menyerahkan sertifikat kepada perwakilan peserta Latihan Kepemimpinan “4 Channels Komunikasi Efektif bagi Pejabat Penerangan TNI AL TA 2013, menandai ditutupnya pelatihan tersebut yang digelar di Bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (7/3). (Foto:Dispenal)

Mencermati perkembangan lingkungan strategis yang sulit diprediksi (unpredictable) yang dapat berpengaruh langsung terhadap pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut, yang sewaktu-waktu dapat menjadi sorotan publik. Insan Penerangan TNI Angkatan Laut tidak boleh tinggal diam tetapi harus tampil dan dapat mengomunikasikannya kepada publik secara profesional serta dapat dipertanggungjawabkan guna kepentingan TNI Angkatan Laut, Bangsa, dan Negara.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Untung Suropati dalam amanatnya ketika menutup Latihan Kepemimpinan “4 Channels Komunikasi Efektif bagi Pejabat Penerangan TNI AL TA 2013, di Bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (7/3/2013).

Kegiatan pelatihan kepemimpinan 4 Channels Komunikasi Efektif” yang digelar selama dua hari ini merupakan salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) selaku pembina profesi penerangan. Sebagai ketua profesi penerangan yang disebut chief prof” yang dijabat oleh Kadispenal. pembinaan profesi penerangan perlu dilakukan secara terencana, komprehensif, dan berkesinambungan, mengingat perkembangan lingkungan strategis terkait dalam bidang informasi yang demikian kompleks, sehingga menuntut adanya optimalisasi kinerja komunitas penerangan di jajaran TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut Kadispenal menyampaikan bahwa di era informasi dan transparansi ke depan, para insan penerangan TNI Angkatan Laut akan menghadapi tantangan derasnya arus informasi yang demikian kompleks, baik di lingkungan tugas, maupun permasalahan dan kondisi kewilayahan dari aspek politik, ekonomi, sosial budaya, maupun pertahanan keamanan. “Oleh karena itu, para insan penerangan harus mampu melakukan berbagai inovasi dan kreativitas untuk tujuan yang lebih luas karena dinamika interaksi di dalam aksi kepemimpinan massa kini menuntut sosok insan penerangan yang mampu mengatasi segala situasi yang dihadapi demi menjaga nama baik organisasi sekaligus mampu mengomunikasikan kinerja organisasi,” tegasnya.

Pelatihan ini diikuti oleh para Kadispen Komando Utama TNI AL (Kotama) dari seluruh Indonesia (Kadispen, Kabagpen, Kasipen), perwakilan Perwira Dispenal dan perwakilan para Perwira Staf di Satker lingkungan Mabesal.

Di akhir amanatnya, Kadispenal mengharapkan agar ke depan para insan penerangan TNI Angkatan Laut dapat menjadi public communicator yang profesional dengan output terwujudnya public trust kepada TNI Angkatan Laut. Tidak lupa Kadispenal juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan latihan kepemimpinan ini. “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kesungguhannya mengikuti rangkaian kegiatan ini. Khusus bagi peserta dari luar daerah, saya mengucapkan selamat jalan kembali ke satuan masing-masing. sampaikan salam saya kepada seluruh anggota Dispen beserta keluarganya di manapun berada dan bertugas,” ujarnya sembari menutup kegiatan pelatihan.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

posted @ Saturday, March 09, 2013 12:39 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page