Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

TNI AL SELENGGARAKAN KEJURNAS OLAHRAGA BAHARI DI PANTAI MUTIARA JAKUT

 

Dalam rangka memacu prestasi olahraga bahari di Indonesia, TNI Angkatan Laut kembali menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Kasal Cup Terbuka Tahun 2013 pada tanggal 9 s.d. 15 Juni 2013 di Pantai Mutiara, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selain memacu prestasi, Kasal Cup Terbuka Tahun 2013 ini juga diharapkan dapat membina dan mengembangkan olahraga bahari, serta memotivasi generasi penerus bangsa agar berjiwa dan bersemangat cinta laut dalam rangka mendukung pembangunan wilayah maritim Indonesia.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio direncanakan akan membuka turnamen yang memperebutkan piala Kepala Staf Angkatan Laut ini. Untuk menyukseskan Kasal Cup Terbuka Tahun 2013, bertindak sebagai penanggung jawab adalah Komandan Pangkalan Utama (Lantamal) III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin A.S., dan Kolonel Laut (P) Edi Sucipto sebagai Ketua Panitia Penyelenggara dengan didukung kepanitiaan dari jajaran TNI Angkatan Laut.

Kasal Cup Terbuka Tahun 2013 akan mempertandingkan lima cabang dan 39 nomor, pertama, cabang selam nomor OBA 5 Rambu; kedua, jet ski (putra dan putri) nomor Expert Runabout Limited, Expert Runabout Open, Endurance Runabout Open, dan Ski Limited; ketiga, Dayung Perahu Naga atau Dragon Boat nomor Naga 10 dan Naga 20 masing-masing 250 serta 500 meter putra, dan Naga 10 250 meter putri. Cabang ini juga akan mempertandingkan dayung perahu karet putra pada nomor perahu karet M7. Sedangkan cabang yang keempat, Ski Air nomor Jumping, Slalom, Trick Treating, dan Wake Board putra dan putrid; kelima, Layar Modern dan Layar Tradisional. Layar modern putra dan putri akan mempertandingkan nomor Laser, Habbie 16, Fire Ball, Int.420, Int.470, wind Surving RSX, Techno. Sedangkan Layar Tradional mempertandingkan nomor Maraton.

Sebagaimana diketahui bahwa Pantai Mutiara, Tanjung Priok, Jakarta Utara serta Kepulauan Seribu memiliki potensi pariwisata yang sangat indah, utamanya wisata bahari yang dapat menjadi destinasi wisatawan domestik maupun mancanegara. Oleh karenanya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya mempublikasikan sebagai salah satu keunggulan komparatif sekaligus sebagai andalan bagi pembangunan wilayah Jakarta Utara.

Melalui Kasal Cup Terbuka Tahun 2013 ini diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa bahari serta kecintaan terhadap laut oleh seluruh masyarakat, khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya sebagai basis pengembangan wisata bahari dan sekaligus dalam pembangunan kelautan. Dengan demikian, harapan untuk mewujudkan laut sebagai harapan masa depan bangsa secara perlahan akan dapat segera terwujud.

Dengan digelarnya turnamen Kasal Cup Terbuka 2013 diharapkan akan melahirkan atlet olahraga bahari yang andal dan profesional Indonesia yang dapat berbicara di tingkat internasional untuk mengharumkan nama bangsa dan negara lewat olahraga bahari, sekaligus nantinya diharapkan menjadi embrio yang dapat ditingkatkan menjadi turnamen berskala internasional.

Turnamen ini juga dimaksudkan sebagai implementasi pemberdayaan wilayah pertahanan laut dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat terhadap potensi sumber daya laut di wilayah Jakarta Utara serta memasyarakatkan olahraga bahari serta membina masyarakat nelayan setempat.

 

 

 

posted @ Thursday, April 25, 2013 5:52 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page