Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

DANLANTAMAL II IRUP PEMBUKAAN TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA KE 90 TAHUN 2013

 

Danlantamal II Brigjen TNI Marinir Soedarmien Soedar bertindak selaku Irup dalam rangka upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90 Tahun 2013 di daerah Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Pada upacara pembukaan TMMD, Danlantamal II menyampaikan amanat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo selaku Kepala Staf Angkatan Darat serta Penanggung Jawab Operasional TMMD, bahwa TMMD tahun 2013 ini dilaksanakan secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia, adapun proses perencanaan program TMMD disusun dengan sistem bottom up planning dan dilaksanakan secara rutin dua kali dalam setahun ini merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Pemerintah dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat. Selanjutnya sasaran program TMMD diprioritaskan untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, pulau-pulau kecil terdepan, perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan dan kumuh, serta daerah lain yang terkenan bencana.

Lebih lanjut dalam amanat tersebut, dalam konteks kepentingan pembangunan, program TMMD merupakan sarana untuk membantu pemerintah dalam memperdayakan masyarakat, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta meningkatkan akselerasi pembangunan desa dalam rangka mendukung pembangunan nasional. Kegiatan TMMD memiliki dua sasaran pokok, yakni sasaran fisik dan non fisik, adapun sasaran fisik diprioritaskan untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat, sehingga diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian masyrakat di daerah dan  sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri, serta tumbuh kesadaran untuk memberdayakan potensi daerahnya menuju kehidupan sosial masyarakat yang lebih maju, sejahtera dan mandiri  serta menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme dalam rangka memantapkan semangat bela negara.

Selanjutnya pada TMMD tahun 2013 ini dengan tema “Melalui TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementerian/LPNK, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen bangsa lainnya, kita tingkatkan integritas guna mendukung percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan”, dengan tema tersebut harus melandasi, memotivasi dan memaksimalkan pencapaian sasaran TMMD yang telah ditetapkan.

Dalam kegiatan pembukaan TMMD tahun ini, Danlantamal II menyerahkan secara simbolis alat kerja dan meninjau lokasi pelaksanaan kegiatan TMMD dan turut hadir dalam upacara pembukaan TMMD tersebut, Danrem 032/WB, Wakapolda Sumbar, Bupati Pesisir Selatan, Ketua DPRD Kab. Pesisir selatan dan para tokoh masyarakat Kab. pesisir selatan.

(Dispen Lantamal II)

 

posted @ Wednesday, May 15, 2013 9:49 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page