Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

TIM DAYUNG PERAHU NAGA MABES ANGKATAN LAUT JUARA PERTAMA KASAL CUP 2013

 

Sungguh luar biasa perjuangan tim dayung Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) pada event kejuaraan terbuka olahraga perairan Piala Kasal 2013, khususnya cabang perahu naga (dragon boat). Setelah berjuang habis-habisan pada hari kedua, Senin (10/6/2013), tim dayung Mabesal berhasil merebut tiga juara pertama dari lima cabang yang dipertandingkan dan diikuti sebanyak 26 tim dari seluruh Indonesia.

Secara rinci hasil pertandingan cabang dayung pada kejuaraan terbuka olahraga perairan Piala Kasal 2013 adalah sebagai berikut, spesifikasi perahu naga 20 pedayung putra jarak 500 meter, juara pertama direbut Mabesal, disusul Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Puspomal) sebagai juara kedua, dan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) sebagai juara ketiga.   

Demikian juga pada cabang perahu naga sepuluh pedayung putra 250 meter, lagi-lagi Mabesal keluar sebagai juara pertama, posisi kedua ditempati Podsi Kabupaten Blora, Pasmar 2a puas diurutan ketiga. Sedangkan perahu naga sepuluh pedayung putri jarak 250 meter, tim Mabesal kembali merebut juara pertama, juara kedua diraih Podsi Kalimantan Selatan, dan juara ketiga diraih Podsi Kabupaten Blora.   

Sementara pada cabang perahu naga sepuluh pedayung putra jarak 500 meter, juara pertama direbut Puspomal, juara kedua diraih Mabesal, dan juara ketiga ditempat Podsi Kabupaten Cilacap. Pada cabang perahu karet tujuh pedayung putra jarak 250 meter direbut oleh Kolinlamil D, juara kedua direbut Mabesal A, dan juara ketiga ditempati Puspomal.

Kejuaraan terbuka olahraga perairan Piala Kasal 2013 dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Hari Bowo, S.E., M.Sc., Minggu (9/6) di Pantai Mutiara, Jakarta Utara. Adapun tema Kasal Cup 2013 adalah “Melalui olahraga Perairan Piala Kasal Terbuka 2013 Kita Tingkatkan Rasa Cinta Bahari.”

Kejuaraan terbuka olahraga perairan merupakan salah satu upaya TNI AL dalam  mewadahi dan membina serta meningkatkan kecintaan terhadap kemaritiman dan prestasi olahraga perairan di Indonesia. TNI AL menyelenggarakan pertandingan olahraga perairan dalam bingkai Piala Kasal Terbuka atau Kasal Cup 2013  di Pantai Mutiara,  Tanjung Priok,  Jakarta Utara, tanggal 9 s.d. 15 Juni 2013. Selain itu, Kasal Cup Terbuka Tahun 2013 ini juga merupakan aktualisasi kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap kemaritiman atau Maritime Domain Awareness.

Bertindak sebagai penanggung jawab pelaksanaan Kasal Cup Terbuka Tahun 2013 adalah Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin A.S., dan selaku Ketua Panitia adalah Kolonel Laut (P) Edi Sucipto yang sehari-harinya menjabat Asisten Operasi Komandan Lantamal III Jakarta dengan didukung kepanitiaan dari jajaran TNI Angkatan Laut. Selain itu juga didukung pengurus olahraga perairan, yakni PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia), PORLASI (Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia), PSAWI (Persatuan Ski Air dan Wake Board Indonesia), POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia), serta IJBA (Indonesia Jetsport & Boating Association). 

Kasal Cup 2013 yang diikuti lebih dari seribu atlet olahraga perairan ini mempertandingkan lima cabang olahraga perairan dalam 53 nomor, pertama, cabang selam nomor OBA (Orientasi Bawah Air) 5 Rambu; kedua, jet ski (putra-putri) nomor Expert Runabout Limited, Expert Runabout Open, Endurance Runabout Open, dan Ski Limited; ketiga, dayung perahu naga atau dragon boat nomor Naga 10 (250 dan 500 meter), Naga 20 (500 meter), dan Naga 10 (250 meter). Cabang ini juga akan mempertandingkan dayung perahu karet putra pada nomor perahu karet M7 250 meter. Sedangkan cabang yang keempat, ski air nomor Jumping, Slalom, Trick Treating, dan Wake Board putra-putri; kelima, layar modern dan layar tradisional. Layar modern putra dan putri akan mempertandingkan nomor Laser putra-putri, Habbie 16, Fire Ball Open, Int.420, Int.470 putra-putri, Wind Surving RSX putra-putri, Techno putra-putri. Sedangkan layar tradisional mempertandingkan nomor maraton.

Melalui Kasal Cup 2013 ini diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa bahari serta kecintaan terhadap laut oleh seluruh masyarakat, khususnya DKI Jakarta dan sekitarnya sebagai basis pengembangan wisata bahari dan sekaligus dalam pembangunan kelautan. Dengan demikian, harapan untuk mewujudkan laut sebagai harapan masa depan bangsa secara perlahan akan dapat segera terwujud.

Dengan digelarnya turnamen Kasal Cup 2013 diharapkan akan melahirkan atlet olahraga perairan yang handal dan profesional Indonesia yang dapat berbicara di tingkat internasional untuk mengharumkan nama bangsa dan negara lewat olahraga bahari, sekaligus nantinya diharapkan menjadi embrio yang dapat ditingkatkan menjadi turnamen berskala internasional.

Turnamen ini juga dimaksudkan sebagai implementasi pemberdayaan wilayah pertahanan laut dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat terhadap potensi sumber daya laut di wilayah Jakarta Utara serta memasyarakatkan olahraga bahari serta membina masyarakat nelayan setempat.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

 

posted @ Monday, June 10, 2013 11:28 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page