Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

ASPERS KASAL BUKA RAKORNIS POMAL 2014

Bertempat di Mako Puspomal Jl. Boulevard Gading Raya No. 9 Kelapa Gading Jakarta Utara, Jumat (21/2/2014), Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Sudirman S.E., M.A.P. membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Tahun 2014.

Rakornis Pomal digelar dengan tujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja selama dua tahun terakhir, konsolidasi terhadap kinerja tugas pokok Pomal dalam penegakan hukum-hukum disiplin dan tata terib, membahas kemampuan teknis, menangani kompleksitas perkara-perkara yang menonjol serta merumuskan konsep pemikiran strategis platform pengembangan Pomal kedepan. Menurut Komandan Pusat Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Brigjen TNI Mar Gunung Heru, melalui forum Rakornis ini diharapkan dapat lahir langkah-langkah terobosan maupun kebijakan yang komprehensif integral agar sasaran pembinaan dapat diwujudkan secara optimal.

Sementara itu, Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Sudirman S.E., M.A.P., dalam amanat pembukaan di hadapan para peserte Rakornis mengatakan bahwa Rakornis Pomal Tahun 2014 ini pada hakekatnya merupakan momentum yang tepat untuk berinstropeksi, mengingat tantangan tugas yang dihadapi TNI Angkatan Laut, khususnya Pomal dari waktu ke waktu semakin berat dan kompleks. “Oleh karenanya diperlukan upaya sistemik untuk mengurangi pelanggaran maupun tindak pidana yang dilakukan prajurit,” kata Aspers Kasal.

 Menurut Aspers Kasal, disamping upaya-upaya represif yang dilakukan melalui operasi-operasi Gaktib dan Yustisi, yang lebih penting lagi adalah upaya preventif persuasif melalui peningkatan profesionalitas, komunikasi, koordinasi, dan kerja sama dengan pejabat terkait seperti pejabat personalia, perwira hukum dan intel melalui berbagai penyuluhan safari terpadu, penerangan, jam komandan, dan konseling dalam menumbuhkembangkan kesadaran hukum bagi setiap prajurit.

Mengakhiri amanatnya, Aspers Kasal juga mengingatkan bahwa rohnya Pomal itu terletak pada penegakan hukum, oleh karenanya, dalam setiap proses penyidikan agar dilakukan secara profesional, mengedepankan hukum, tidak goyah dengan intervensi dan juga integritas serta menghindari perbuatan tercela. “Hal itu disebabkan perbuatan tersebut dapat menghambat proses penyelesaian perkara sehingga menimbulkan kesan seolah-olah tidak ada kepastian hukum dan terabaikannya rasa keadilan,” tambahnya.

Oleh karena itu, lanjut Aspers, dengan memanfaatkan emangat forum rakornis ini, dihimbau agar delapan fungsi Pomal tetap menjadi dasar dan acuan Pomal dalam bergiat serta ciptakan gagasan dan pemikiran-pemikiran konseptual bagi perumusan dan pengembangan jajaran Pomal baik di Kotama, Lantamal, maupun jajarannya. “Diharapkan, melalui forum rakornis ini, dapat dirumuskan beberapa konsep penyempurnaan sebagai dokumen yang ada, dalam rangka memenuhi tuntutan tugas Pomal ke depan,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Danpuspomal Brigjen TNI Mar Gunung Heru, Wadan Puspomal, Sekdiskumal, para Kadisprov Kotama, para Kadiskum Kotama, para Komandan Pomal jajaran Lantamal, serta tamu undangan dari satker terkait lingkup TNI maupun TNI AL.

posted @ Monday, February 24, 2014 7:56 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page