Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

PRAJURIT LANTAMAL IV MENDAPATKAN PENCERAHAN MASALAH HUKUM

 
 

Bertempat di aula Yos Sudarso Mako Lantamal IV Tanjungpinang, sebanyak 319 personel TNI Angkatan Laut wilayah Kepri yang terdiri dari prajurit Mako Lantamal IV, Wing Udara 2 Puspenerbal, RSAL DR Midiyato Suratani, Yon Marhanlan IV TPI dan ibu-ibu Jalasenastri mendapatkan pencerahan hukum melalui kegiatan penyuluhan hukum oleh tim penyuluh hukum dari Diskum Koarmabar, Rabu (11/01).

Kegiatan penyuluhan ini merupakan upaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran penyalahgunaan narkoba, asusila, desersi maupun kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) serta pelanggaran hukum disiplin militer yang lain di lingkungan TNI Angkatan Laut pada umumnya dan khususnya di Mako Lantamal IV.

Penyuluhan hokum juga berperan sebagai salah satu wujud pengawasan melekat atau pengawasan internal sebagai salah satu fungsi komando, melaksanakan program pembinaan personel dan pembinaan mental untuk meningkatkan kepatuhan, ketaatan dan kedisiplinan prajurit terhadap ajaran agama, etika dan moral serta peraturan hukum dan tata tertib.

Pemahaman seseorang tentang hukum beranekaragam dan sangat tergantung pada apa yang diketahui dari pengalaman yang dialaminya tentang hukum. Tujuan utama dari kegiatan penyuluhan hukum ini pada intinya adalah agar prajurit tahu hukum, paham hukum, sadar hukum, untuk kemudian patuh pada hukum tanpa paksaan, tetapi menjadikannya sebagai suatu kebutuhan.

Kesadaran akan perlunya penyuluhan hukum dikarenakan berkembangnya pemikiran bahwa hukum baru akan mulai efektif apabila prajurit telah mengetahui, memahami dan melaksanakan aturan hukum secara konsisten. Kegiatan penyuluhan hukum mengarah pada kehidupan prajurit yang berperilaku serta bersikap sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan, para Asisten Danlantamal IV, para Kadis/Kasatker Lantamal IV. Tim Penyuluhan Hukum Koarmabar dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Koarmabar Kolonel Laut (KH) Anton Yuliarso, S.H.

(Dispen Lantamal IV).

posted @ Thursday, January 12, 2017 12:40 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page