Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

RUMAH SERKA SUMARDI WAKILI LANTAMAL V DI AJANG LOMBA RUMAH SEHAT HUT DHARMA PERTIWI 2017

 
 

Rumah Serka Bek Sumardi, anggota Dinas Pemeliharaan dan Perbaikan Pangkalan Utama TNI AL V (Disharkan Lantamal V), menjadi wakil Lantamal V diajajang lomba Rumah Sehat dalam rangka HUT Dharma Pertiwi tahun 2017.

Hal tersebut terlihat ketika rumah yang berlokasi di Jl.Naga Rangsang Blok A  184 Rumdis TNI AL Wonosari, Surabaya didatanhi Tim Penilai Rumah Sehat panitia HUT Dharma Pertiwi, Senin (20/3).

Tim pebilai yang dipimpin oleh Ny. Widodo Dwi Saputro (KS Kodam), Ny. Ina Febrian Buyung Sikumbang (Asops Kodam), PNS IIIb Solfia Latue (Kesdam), Ny. Nastaim (Darma Pertiwi unsur), Ny. Agung Perwira (Darma Pertiwi unsur Pia TNI AU Malang), Ny. Suban (Darma Pertiwi unsur Pia TNI AU Malang. Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri Kadisharkan Lantamal V Letkol Laut (KH)  Syaiful Bahri beserta istri dan Ny. Aris Harijadi (Asops Danlant. V).

Menurut Katim Penilai,  Rumah merupakan cerminan perilaku penghuninya, penilaian ini salah satu upaya untuk memastikan penghuni tempat tinggal selalu dalam keadaan bersih dan nyaman, jarena hal ini sangatlah penting bagi kelangsungan kehidupan keluarga yang sehat.

"Tak peduli kecil ataupun besar rumah tinggal, kebersihan merupakan kunci utama terciptanya rumah yang nyaman untuk ditinggali," terangnya.

Tak hanya sebagai pelindung dari pengaruh luar seperti angin, hujan dan kotoran, namun rumah adalah fasilitas sosial utama dalam suatu rumah tangga. Lalu apa saja kebiasaan sehat yang perlu diterapkan agar seluruh anggota keluarga makin nyaman berinteraksi dan beraktifitas di dalamnya.

Dalam kesempatan tersebut Katim juga memberikan penilaian sambil mengecek seluruh penjuru ruangan. Ada beberpa tips juga yang dilontarkannya seperti, agar hunian senantiasa bersih dan sehat, Bukalah jendela setiap pagi. Jendela berfungsi sebagai pintu masuknya cahaya dan udara.

Sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan alami akan membuat kondisi rumah tidak pengap dan lebih segar, Pisahkan sampah yang kering dan basah, serta buanglah sampah setiap hari di tempat sampah utama yang berada di luar rumah.

Hal ini akan membuat rumah Anda terhindar dari bau tak sedap dan serangga yang biasanya menghinggapi tempat sampah.

Bersihkan kamar mandi Anda secara teratur seminggu sekali, kuras bak dan sikat lantai kamar mandi serta toilet. Gunakan cairan pembersih pada semua tempat yang disentuh (wastafel, toilet, tombol lampu) dan bersihkan sudut-sudut di sekitar saluran pembuangan, Bersihkan rumah secara teratur setiap hari dengan menyapu, mengepel dan membersihkan debu-debu yang menempel pada perabotan.

Selalu cuci dan bersihkan kulkas Anda, Bagian kulkas yang harus selalu dicuci adalah bagian yang sering tersentuh tangan atau bagian pintu. Banyak orang yang terbiasa membuka kulkas kemudian mengambil makanan di dalamnya. Dari situlah kuman berpindah. Oleh karena itu, biasakan pula mencuci tangan sebelum makan.

(Dispen Lantamal V)

posted @ Tuesday, March 21, 2017 10:34 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page