Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

522 PEMUDA IKUTI PENDIDIKAN PERTAMA TAMTAMA TNI AL DI KODIKLATAL

 

Sebanyak 522 orang pemuda yang baru lulus SLTA, mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan ke-37 gelombang I TA. 2017 di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal). Adapun pembukaan pendidikan ini dipimpin langsung Komandan Kodiklatal Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H. di Lapangan Dakota Puslatdiksarmil, Juanda. Sidoarjo, Senin (20 /3).

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodiklatal Laksda TNI I.G. Putu Wijamahaadi, S.H. menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan siswa masuk dalam pendidikan, serta bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut. Dengan harapan para siswa mendaftar menjadi prajurit TNI AL dengan kesadaran sendiri dan bukan karena paksaan atau keinginan orang tua. Perjuangan yang telah ditunjukkan selama mengikuti seleksi penerimaan mulai tingkat daerah hingga pusat, dapat diteruskan dengan mengikuti semua program pendidikan sebaik-baiknya, agar kelak menjadi prajurit TNI AL yang handal dan profesional sesuai tujuan dan sasaran dari pendidikan ini. secara keseluruhan, pendidikan  akan dilaksanakan selama 9 sampai 11 bulan yang terbagi dalam dua tahap. Tahap  pertama  dilaksanakan di Puslatdiksarmil selama 5 bulan yaitu pendidikan dasar keprajuritan 2 bulan dilanjutkan pendidikan dasar golongan selama 3 bulan.

Setelah  berhasil  menyelesaikan  tahap  tersebut, para siswa akan dilantik dan  diambil  sumpah  menjadi  prajurit  TNI Angkatan Laut  dengan  pangkat  Kelasi  Dua  atau  Prajurit Dua Marinir. Kemudian akan mengikuti Pendidikan Tahap Dasar  Golongan  Lanjutan (Diksargolan) di  Pusdik-Pusdik  terkait  antara  4  sampai  6  bulan.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa pendidikan di sini tidaklah ringan, sehingga fisik dan mental yang kuat mutlak diperlukan dalam menghadapi latihan yang cukup berat sebagai upaya mengubah pribadi yang semula berasal dari masyarakat umum menjadi prajurit mara laut yang mempunyai pola pikir, pola sikap dan pola tindak kultur keangkatanlautan yang diwujudkan dalam bentuk naluri tempur, keteladanan dan integritas pribadi yang militan dilandasi nilai-nilai kejuangan yang tinggi, sehingga kelak menjadi prajurit yang profesional sesuai visi TNI Angkatan Laut yang andal dan disegani serta berkelas dunia.

(Pen Kodiklatal)

 

posted @ Tuesday, March 21, 2017 11:16 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page