Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

TNI AL GAGALKAN PENYELUNDUPAN 25 KONTAINER BARANG BEKAS

 
 

KRI Hiu-634 dengan Satgas Second Fleet Quick Respons (SFQR) Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) Surabaya, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 25 Kontainer yang berisi kurang lebih sebanyak 4.616 Balpres barang bekas ilegal dari luar negeri pada 2 Agustus 2018 yang lalu telah ditangkap di Utara Pulau Madura dengan menggunakan KM Mentari Crystal GT 2725 No. 2313/Ka.

Keberhasilan ini membuktikan bahwa koordinasi dan sinergitas dari semua unsur TNI AL mulai dari Staf Intelijen, Satuan Operasi (unsur KRI dan staf operasi) serta staf pendukung lainnya dapat mengamankan wilayah NKRI dgn lebih berdayaguna.

Penyelundupan barang-barang bekas tersebut berawal dari informasi yang didapatkan dari Staf Intelijen, setelah informasi didapat telah dilaksanakan pencarian terhadap kapal yang dimaksud yakni KM. Mentari Crystal yang melakukan pelayaran dengan rute pelabuhan Ende NTT- Waingapu-Surabaya.

Dalam upaya menggagalkan penyelundupan barang-barang ilegal ini telah dilaksanakan pemeriksaan awal dan didapati dokumen pengawakan expired, muatan tidak sesuai manifest berupa pakaian dan sepatu bekas serta pengawak tidak sesuai kualifikasi dan sertifikasi.

Barang-barang ilegal yang diamankan ini diduga dikirim dari China dan Taiwan. Dari ribuan barang-barang yang diselundupkan negara akan berpotensi dirugikan sebesar puluhan miliar rupiah. Hingga saat ini kapal yang bertonase 2700 GT tersebut, masih berada di Dermaga Semampir Baru, Koarmada ll untuk keperluan proses penyelidikan lebih lanjut.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

posted @ Friday, August 10, 2018 3:25 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page