Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

DANLANAL SEMARANG BUKA TMMD REGULER KE 88 DI JEPARA

 

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang Kolonel Laut (E) Ir . Antar Setiabudi selaku Irup dalam rangka upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  reguler ke 88 tahun 2012 di lapangan desa Kendeng Sidialit Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Nampak hadir Danrem 073/Makutaraman Salatiga Kol Kav Anang Dwitono, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Kapolres Jepara AKBP Bakharuddin, Kejari Jepara M Ali Nafiah Pohan, Ketua Pengadilan Negeri Rohendi dan Ketua Pengadilan Agama Malik Ibrahim, Serta bebrapa pejabat dari Lanal Semarang.

Dalam laporannya Dandim 0719/Jepara Letkol Inf DK Subandi mengatakan bahwa pelaksanaan TMMD ini merupakan kegiatan dalam rangka menunjang keberhasilan program pembangunan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Jepara. Upaya pencapaian tersebut diharapkan agar diselesaikan tepat pada waktunya dan hasilnya benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya masyarakat desa Kendeng Sidialit dengan memanfaatkan potensi yang ada, kata Dandim Jepara.

Adapun proyek yang akan dilaksanakan diantaranya pengaspalan jalan desa P 1.050m denga L 3 M. Pembuatan saluran air kanan kiri dengan panjang 1.050 M dan lebar 0.60 M,  kemudian rehab 15 rumah tidal layak huni.  Tidak ketinggalan juga pembuatan 2 pos kamling dan 5 saluran pembuangan air limbah serta jambanisasi sebanyak 10 KK. Dalam melaksanakan proyek tersebut mendapat dukungan dana sebesar Rp. 701,8 juta lebih yang bersumber dari APBD propinsi Rp 160 juta, APBD Kabupaten Rp 91,3 juta, SSK TMMD Rp 108,6 juta, Anggaran Interdep/SKPD  Rp 281,9 juta dan swadaya masyarakat Rp Rp. 60 juta. Selain pembangunan fisik juga kita laksanakan non fisik berupa penyuluhan bagi masyarakat, kata Dandim 0719/Jepara Letkol Inf DK Subandi.

Sementara itu dalam membacakan sambutan Kasad Jendral TNI Pramono Edhi Wibowo, Danlanal Semarang Kol Laut (E) Ir . Antar Setiabudi mengatakan bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral dengan melibatkan beberapa instansi terkait lainnya dan komponen masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu dan bersinambungan dalam membantu pemerintah daerah untuk mempercepat proses pemerataan pembangunan hingga sampai ke pedesaan yang terpencil atau terisolir jauh dari sarana fasilitas umum sehingga apa yag diharapkan betul-betul dapat bermanfaat dan menyentuh kepentingan masyarakat. Oleh karena itu melalui Program TMMD kita tingkatkan sinergitas kegiatan dan kerjasama antara TNI, Polri, Lembaga pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah dan segenap koponen masyarakat untuk mewujudkan percepatan pembangunan di pedesaan untuk menuju masyarakat yang damai dan sejahtera, kata Danlanal Kol Laut (E) Ir .  Antar Setiabudi.

Selain itu TMMD juga merupakan sarana bagi usaha-usaha mengokohkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa, mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta percepatan pembangunan desa dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Dengan Melalui Program TMMD diharapkan dapat membantu mewadahi dan mewujudkan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, mengingat proses perencanaannya yang melibatkan berbagai instansi dan masyarakat serta disusun dengan sistem ‘’Bottom up Planning.’’ Oleh karena itu peran dan kerjasama yang erat, intensif dan sinergis dari seluruh pemangku kepentingan (Stakeholder) yang terlibat, serta dukungan partisipasi aktif masyarakat merupakan kunci penentu bagi keberhasilan dan kelancaran penyelenggaraan TMMD, kata Danlanal Semarang.

Sebelum mengakhiri sambutanya Danlanal menyampaikan beberapa hal untuk pedoman para prajurit daklam melaksanakan kegiatan TMMD yaitu laksanakan tugas dengan penuh keiklasan dan rasa tanggungjawab, serta bangun solideritas dan sinergitas yang kokoh sesama prajurit TNI, Polri dan aparat pemerintah. Kemudian dalam melaksanakan kegiatan hendaknya perhatikan cuaca dan pertimbangkan waktu agar kegiatan TMMD dapat berjalan lancar. Jangan lupa hormati dan pahami adat istiadat dan budaya daerah setempat dan manfaatkan segala dukungan secara optimal agar penyelenggaraan TMMD dapat mencapai kesuksesan dan keberhasilan, tegas Danlanal Semarang Kol Laut (E) Ir . Antar Setiabudi

Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis, Program KB berupa pemakaian susuk. Kemudian melakukan peletakan batu pertama pembangunan pos kamling dan penyiraman aspal yang dilakukan oleh Danlanal, Danrem, Bupati Jepara beserta Muspida Jepara.

(Pen Lantamal V)

posted @ Thursday, May 24, 2012 11:37 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page