Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

MENGURAI KEPENTINGAN NASIONAL INDONESIA DI LAUT

 

“Mengurai Kepentingan Nasional Indonesia di Laut”. itulah tema yang diangkat pada Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan satu hari bertempat di Auditorium Jos Sudarso, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (13/6/2012).

Diskusi yang dilaksanakan satu hari tersebut diikuti oleh sekitar 90 Perwira Menengah (Pamen) TNI AL dan bertujuan untuk mengantisipasi konflik yang terjadi di sekitar Laut Cina Selatan yang berbatasan langsung dengan Zona Ekonomi Exclusif (ZEE) Indonesia. Konflik tersebut akan memberikan dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kepentingan Nasional Indonesia.

Tampil sebagai nara sumber dalam diskusi tersebut antara lain Asrena Kasal, Laksda TNI Ade Supandi, S.H., Wakil Ketua Forum Pengkajian Pertahanan dan Maritim (FKPM) Laksda TNI (Purn) Budiman Djoko Said, Universitas Indonesia (UI) Dr. Andi Wijayanto dan Staf Kemenlu Bpk. Gopokson T. Situmorang.

Danseskoal Laksda TNI Arief Rudianto, S.E. dalam sambutannya mengatakan, mencermati dinamika lingkungan strategis, persengketaan teritorial di wilayah Laut China Selatan telah melibatkan kekuatan bersenjata, bukan hanya negara-negara kawasan, tetapi melibatkan negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia, serta negara-negara aliansi yang memiliki kepentingan terhadap stabilitas keamanan di kawasan tersebut.

Dalam Focus Group Discussion ini ada dua permasalahan yang menjadi pokok bahasan, yang pertama adalah tentang dampak konflik di Laut Cina Selatan terhadap kepentingan Nasional Indonesia, yang kedua adalah konsep strategi dalam menghadapinya. Focus Group Discussion yang diselenggarakan saat ini merupakan pengantar menuju pelaksanaan Seminar Internasional yang akan dilaksanakan di Seskoal pada tanggal 24 s.d 25 Okteber 2012.

Diakhir sambutannya, Danseskoal berharap agar pada akhir diskusi, dapat memunculkan ide-ide cemerlang untuk kepentingan nasional pada aspek pertahanan. Ide-ide tersebut akan menjadi sumbangan pemikiran terhadap konsep strategi pertahanan negara di laut dalam menghadapi konflik di Laut Cina Selatan khususnya yang menyangkut peran penting TNI AL.

(Pen Seskoal)  

posted @ Wednesday, June 13, 2012 12:03 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page