Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

POMAL LANAL BANYUWANGI ADAKAN LATIHAN PENGURUSAN TAWANAN PERANG

 

Salah satu fungsi Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) adalah pengurusan tahanan keadaan bahaya/tahanan operasi militer, tawanan perang dan interniran perang. Pada saat operasi tempur Pomal tergabung dalam Komando Tugas Tempur di bawah Satuan Bantuan Administrasi/Satbanmin dan berkedudukan di Markas Satbanmin. Adapun tugas Pomal dalam operasi tersebut adalah mencari tempat/lokasi untuk markas Satbanmin, mengatur lalu lintas dan mengurus tawanan perang, interniran perang maupun yudha kelana.

Pada tanggal 26 September 2012 disimulasikan, Komandan Detasemen Polisi Militer Angkatan Laut (Dandenpomal) Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi Kapten Laut (PM) Eko Hari Purwanto mendapat perintah dari Dansatbanmin agar mengadakan penyelidikan dan patroli di salah satu tempat yang merupakan kedudukan Pos Komando Utama (Posko Ut). Setelah menganalisa kemudian Dandenpomal merencanakan penyelidikan dan membuat Perintah Operasi. 20 personil Pomal Lanal Banyuwangi yang terbagi menjadi 2 regu bergerak menuju sasaran dengan menggunakan jalan kompas.

Setelah sampai di Posko Ut, 2 regu Pomal menerima 2 tawanan perang dari Komandan Posko Ut dan selanjutnya mengevakuasi tawanan perang tersebut ke markas Satbanmin. Dalam pengawalan tawanan perang tersebut regu Pomal mendapatkan hadangan dari pihak lawan dengan rentetan tembakan. Karena kekuatan lawan yang menghadang lebih besar maka Komandan regu meminta bantuan ke Satbanmin agar memberikan bantuan tembakan meriam ke arah musuh. Akhirnya pihak penghadang menarik mundur pasukannya serta tawanan perang tetap dalam kawalan regu Pomal sampai di markas Satbanmin. Kemudian diadakan Prosesing terhadap kedua tawanan perang. Selesai tahap prosesing Rustaper didapat keterangan bahwa satu orang tawanan perang dari pihak lawan dan satu orang Yudha Kelana yaitu prajurit kawan yang terpisah dari induk pasukannya.

Latihan rutin ini akan terus dilaksanakan untuk mengasah keterampilan setiap prajurit khususnya Pomal Lanal Banyuwangi agar setiap personil Pomal senantiasa siap dalam setiap penugasan baik kondisi damai maupun kondisi perang. Latihan Rustaper ini disaksikan oleh Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) M. Nazif dan Palaksa Lanal Banyuwangi.

(Pen Lantamal V)

 

posted @ Thursday, September 27, 2012 1:51 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page