Contact us      Link     Video          


           
Monumen dan Museum

Current Articles | Categories | Search | Syndication

MONUMEN ALRI YON 3PANGKALAN IXPASURUAN

Mon.ALRI Pasuruan.jpg

Monumen ALRI Yon 3 Pangkalan IX Pasuruan

A.       Riwayat Singkat

          Cikal bakal Batalyon 3 ALRI Pangkalan IX Pasuruan dapat ditelusuri dari masa penjajahan Jepang yang saat  itu masih berperang melawan Sekutu. Untuk membantu  kekuatan pasukannya, Jepang kemudian membentuk Sekolah Pelayaran Rendah (SPR) dengan cara merekrut para pelaut bangsa Indonesia. Namun sejak Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan pada 17 Agustus 1945  guru-guru SPR itu kemudian mengambil alih pimpinan Staf Direksi sekolah dan selanjutnya mengubah status SPR menjadi Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut.

          Dengan inti kekuatan para staf dan guru SPR, pemuda pejuang pelaut lulusan SPR makasar, Semarang, Jakarta dan Cilacap maka terbentuklah Batalyon ALRI 3 Pangkalan IX Pasuruan dengan motonya “ Belajar dan Bertempur, Bertempur dan Belajar “. Pembangunan monumen ini dipersembahkan kepada para anggota ALRI Batalyon 3 Pangkalan IX Pasuruan yang gugur dalam Perang Kemerdekaan melawan penjajah.

 

B.       Spesifikasi Teknis

          Monumen ini berujud sosok patung prajurit ALRI dengan tangan kanan terangkat ke atas memegang bedil dan tangan kirinya memegang rantai jangkar yang ditarik diatas bahu kiri. Patung berdiri dengan gagah di atas tugu marmer berwarna putih. Terletak di Jalan Raya Soekarno Hatta, Pasuruan dan untuk tanggung jawab pemeliharaannya diserahkan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pasuruan.

 

posted @ Thursday, August 11, 2011 9:49 AM by

Previous Page | Next Page