Contact us      Link     Video          


           
Monumen dan Museum

Current Articles | Categories | Search | Syndication

MONUMEN KAPAL SELAM DI SURABAYA

Mon.Kapal Selam Sby.jpg

Monumen Kapal Selam Surabaya

A.       Riwayat Singkat

          Kapal selam jenis SS Type Whiskey Class dibuat di Vladi Wostok Rusia pada tahun 1952 dan masuk jajaran TNI AL mulai tanggal 29 Januari 1962 dengan tugas pokok menghancurkan garis lintas musuh (anti shipping), pengintaian dan melakukan silent raids. Selama pengabdiannya banyak berperan aktif menegakkan kedaulatan Negara dan hokum di laut. Salah satu pengabdiannya adalah dalam Operasi Trikora pembebasan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda. Kapal selam ini terlibat secara langsung di garis depan dengan memberikan tekanan psikologis terhadap lawan sehingga Irian Barat dapat kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.


          Empat belas komandan berpangkat perwira menengah telah memimpin RI Pasopati-410 komandan pertama adalah Mayor Laut (P) Yasin Sudirdjo dan komandan terakhir adalah Mayor Laut (P) Imam Zaki.

B.       Spesifikasi Teknis

          Monumen kapal selam ini didudukkan diatas landasan beton yang dicor dan dikelilingi pertamanan yang cukup asri. Terletak di Jalan Pemuda  Nomor 39 Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan untuk pemeliharaan sehari-hari menjadi tanggung jawab dari Puskopal Koarmatim. Monumen  ini memiliki spesifikasi teknis sebagai berikut :

          1.       Panjang        : 76.6 meter

          2.       Lebar            : 6.30 meter

posted @ Thursday, August 11, 2011 9:54 AM by

Previous Page | Next Page