Contact us      Link     Video          


           
Monumen dan Museum

Current Articles | Categories | Search | Syndication

MUSEUM BAHARI YOGYAKARTA

Museum Bahari Yogyakarta.jpg

Museum Bahari Yogyakarta

 

A.       Riwayat Singkat

 

          Museum Bahari Yogyakarta diresmikan pada bulan April 2009 oleh Kasum TNI Laksamana Madya Y. Didik Heru Purnomo.  Peresmian museum ini ditandai dengan pengguntingan bunga dan penandatanganan prasasti  oleh ketua yayasan Tri Sekar Lestari, Ny. Endang Didik Heru Purnomo. Pendirian museum bahari di kota budaya ini berlatar belakang rasa cinta Laksdya Didik Heru Purnomo kepada Angkatan Laut khususnya dan dunia maritim pada umumnya. Kecintaan laksamana bintang tiga itu terhadap TNI Angkatan Laut kemudian diwujudkan dengan mendirikan sebuah museum di rumah pribadi keluarganya di DI Yogyakarta.

 

Museum ini didirikan dengan maksud untuk membuka wawasan dan pengetahuan tentang dunia kemaritiman dalam arti yang seluas-luasnya bagi bangsa Indonesia khususnya generasi muda. Dengan mengenal kemaritiman secara lebih dekat, diharapkan generasi muda sebagai harapan bangsa lebih mencintai laut dan memberdayakan sumber daya kelautan.

 

B.       Spesifikasi Teknis

 

Museum Bahari Yogyakarta memiliki koleksi antara lain senjata mariam, bom laut, torpedo, ranjau laut, Radar, sonar, kompas magnet, GPS, liferaft, teropong, sextan, kemudi kapal, miniatur berbagai jenis kapal perang, pesawat terbang, kelengkapan TNI, radio komunikasi, dan lain sebagainya. Di dalam museum juga dilengkapi dengan peralatan audio visual untuk pemutaran film yang berkaitan dengan laut. Museum dibuka untuk umum terutama bagi anak-anak sekolah setiap hari, yakni Senin hingga Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Museum ini di Jalan          RE Martadinata (Wirobrajan) No 69, Yogyakarta.

 

posted @ Friday, August 12, 2011 4:00 PM by

Previous Page | Next Page