Contact us      Link     Video          


           
Articles TNI AL

Current Articles | Categories | Search | Syndication

PERAN KOWAL DISLAIKMATAL DIBALIK SERAGAM SURVEYOR, SEBAGAI PENDUKUNG WORTHINESS MATERIEL TNI AL


Oleh Mayor Laut (KH/W) Nura Andjarini, S.T.

Pamen Dislaikmatal

Dinas Kelaikan Materiel Angkatan Laut atau disingkat Dislaikmatal memiliki tugas menyelenggarakan fungsi dan pelaksanaan kegiatan kelaikan materiel di lingkungan TNI AL. Disamping itu Dislaikmatal adalah Satuan Kerja (Satker) Pembina fungsi dan pelaksana pusat kegiatan kelaikan materiel yang berkedudukan langsung di bawah Kasal dipimpin oleh Kadislaikmatal, sedangkan dalam pelaksanaan tugasnya Kadislaikmatal dibantu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kasatlaikmatbar dan Kasatlaikmattim serta pejabat staf.

 

APA ITU KELAIKAN & SURVEYOR KELAIKAN?

Sesuai Peraturan Kasal Nomor 81/XII/2010 tanggal 13 Desember 2010 tentang Buku Petunjuk Administrasi Penyelenggaraan Kelaikan Materiil TNI Angkatan Laut (PUM-7.01), bahwa kelaikan adalah suatu kondisi yang menyatakan seberapa jauh peraturan atau persyaratan keselamatan terhadap personel, materiel dan lingkungan telah dipenuhi/diterapkan. Surveyor kelaikan adalah jabatan fungsional personel TNI AL yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan dan kualifikasi sebagai surveyor.

 

DAN APA PULA YANG MENJADI OBYEK KELAIKAN MATERIEL TNI AL?

Materiel TNI AL adalah semua materiel yang akan dan atau sudah dimiliki serta digunakan yang fungsi pembinaannya menjadi wewenang dan tanggungjawab TNI AL. Adapun materiel TNI AL obyek kelaikan digolongkan sesuai dengan jenis komoditasnya meliputi:

a.         Materiel Alat Utama (Alut) terdiri dari KRI, KAL, Pesud, Ranpur, senjata.

b.       Materiel Non Alat Utama (Non Alut) terdiri dari bangunan (gedung, dermaga, gudang senamo), alat besar (crane, traktor dll), mesin stasioner (genset, Ground Power Unit dll), peralatan kesehatan (x-ray, USG, hyperbaric chamber dll), materiel khusus (parasut, alat selam, alat laboratorium) serta peralatan lainnya (HT, night vision google/teropong malam, alat PMK, baju tahan api & system aplikasi).

Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang berdinas di Dislaikmatal dan jajaran UPTnya dalam melaksanakan verifikasi kelaikan tertuju pada materiel Alut seperti perbaikan radar di KRI dan materiel Non Alut seperti bangunan gedung, Alkes, alat selam, system aplikasi,  baju tahan api, night vision google/teropong malam. Perlu digarisbawahi bahwa, pelaksanaan verifikasi kelaikan yang dilaksanakan oleh Tim Kelaikan Materiel/surveyor selalu berpedoman pada prosedur standar  yang telah ditetapkan di lingkungan TNI AL.

Dislaikmatal selaku Pembina profesi surveyor kelaikan selalu menggali ilmu sebanyak-banyaknya dalam perkembangan dan kemajuan teknologi seperti kursus-kursus kelaikan laut, darat & udara, juga kursus NDT, marine surveyor, welding inspector, teknik pengujian beton, serta ikut serta pada kegiatan hyperbaric safety technical workshop di Bali, sehingga tujuan kelaikan tercapai dalam mencegah dan memperkeci lresiko kerugian, kegagalan, kerusakan dalam pengoperasian, sehingga memenuhi persyaratan keselamatan materiel, personel dan lingkungan.

Kowal sebagai pendukung worthiness materiel TNI AL merupakan bagian dari Tim Kelaikan Materiel (TKM)/surveyor, dengan tugas melaksanakan verifikasi kelaikan materiel berdasarkan surat perintah Kadislaikmatal/Kasatlaik dan melaporkan hasil pelaksanaan verifikasi kelaikan kepada Kadislaikmatal/Kasatlaik.

Kowal yang ditunjuk sebagai surveyor kelaikan secara perorangan sesuai dengan klasifikasi & kualifikasi bidang keahlian yang dibutuhkan. Pada umumnya Kowal yang berdinas di Dislaikmatal dan jajaran UPT nya dalam melaksanakan verifikasi kelaikan berasal dari materiel hasil pengadaan baru seperti pengadaan Alkes, alat selam, alat PMK/Pemadam Kebakaran, baju tahan api, alat night vision google/teropong malam, system aplikasi dll serta hasil pembangunan baru/rancangbangun/konstruksi seperti pembangunan gedung.

 

SIAPA SAJA YANG TERLIBAT LANGSUNG DALAM PELAKSANAAN VERIFIKASI?

Pihak-pihak yang terlibat langsung harus hadir dan melaksanakan tugas sesuai dengan wewenang & tanggung jawabnya adalah sebagai berikut:

a.         Pengguna barang/jasa.

b.         Tim Kelaikan Materiel (TKM)/surveyor termasuk Kowal ada di dalam Tim Kelaikan Materiel.

c.         Pengawas.

d.         Penyedia barang/jasa.

 

MAMPUKAH KOWAL ?

Tugas & tanggung jawab Kowal sebagai surveyor kelaikan dalam melaksanakan verifikasi adalah sama dengan surveyor pria, bahwa dalam pelaksanaan tugas & tanggung jawabnya harus sesuai dengan prosedur penyelenggaraan sertifikasi kelaikan.

 

Prosedur  yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut:

a.         PPK mengajukan surat permintaan verifikasi kelaikan kepada Kadislaikmatal.

b.         Kadislaikmatal/Kasatlaik akan menunjuk Tim Kelaikan Materiel/TKM dengan surat perintah/Sprin penunjukkan TKM dengan tembusan Sprin ke penyedia barang/jasa.

c.       TKM mempelajari dokumen kontrak, menyusun rencana kegiatan TKM, mengumpulkan dokumen materiel, menyusun jadwal verifikasi.

d.        Proses pelaksanaan kegiatan survey kelaikan materiel hasil pembangunan/rancang bangun/konstruksi dimulai dari tahap pemeriksaan/verifikasi jaminanmutu/Jamutu seperti pengecekan dokumen (kontrak, gambar teknik/shop drawing, perhitungan struktur, sertifikat &hasil uji bahan, laporan-laporan, gambar hasil pelaksanaan/as built drawing, time schedule), dilanjutkan dengan tahap verifikasi pengendalian mutu/Dalmutu yaitu tahap dimulai dari pengecekan pekerjaan persiapan sampai dengan pekerjaan finishing, tahap selanjutnya adalah pengujian dengan pemeriksaan visual/fisik & pengujian dengan alat, selesai pemeriksaan dilanjutkan dengan pembuatan laporan verifikasi sampai dengan diterbitkan sertifikat kelaikan.

e.         Proses kegiatan survey kelaikan hasil pengadaan baru dimulai pada tahap pemeriksaan/verifikasi II/verifikasi materiel, verifikasi III/ujicoba/ujifungsi, dilanjutkan dengan pembuatan laporan verifikasi sampai dengan diterbitkan sertifikat kelaikan.

 

Materiel-materiel yang telah melalui proses uji coba/uji fungsi mendapatkan surat keterangan lulus/ Bukti Tanda Lulus (BTL)/sertifikat kelaikan, jika telah memenuhi peraturan kelaikan dan persyaratan keselamatan serta fungsi asasi dapat terpenuhi sesuai perencanaan.

Demikian sekelumit pengalaman dari Kowal yang berdinas di Satker Dislaikmatal & jajaran UPTnya/Satlaikmatbar/Satlaikmattim.


Kowal Jaya....

posted @ Wednesday, January 9, 2019 3:24 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page