Contact us      Link     Video          


           

Current Articles | Categories | Search | Syndication

DINAS PSIKOLOGI ANGKATAN LAUT LAKSANAKAN DUKUNGAN PSIKOLOGI KORBAN GEMPA LOMBOK

 
 

Rabu (1/8/2018) Tim Psikologi TNI bergerak menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) guna menggelar Operasi Pemulihan Mental (Mental Healing) terhadap para korban bencana alam gempa bumi. Tugas ini merupakan bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI yaitu Dukungan Psikologi atau Dukpsi dalam rangka pemulihan kesehatan mental dan psikis korban bencana gempa.

Pada kali ini, Dinas Psikologi Angkatan Laut mengirimkan dua orang personel yaitu Letkol Laut (T) Mawi Utomo, S.Psi., M.M, M.T, M.Psi. selaku ketua tim psikolog TNI dan Kapten Laut (KH) Ary Baktiar, S.Psi.. Atas perintah dari Markas Besar TNI, tim psikolog TNI akan terjun dalam penanganan Catastrophic Event dan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) terhadap korban bencana.

Kegiatan tim psikologi akan diawali dengan pendataan para korban, menggunakan metode need assessmen & need analysis. Adapun tujuannya untuk mendata seberapa banyak korban terdampak stres pasca gempa dan seberapa dalam tingkat trauma yang dialami oleh para korban. Dari hasil analisa tersebut, akan diketahui bentuk metode intervensi apa saja yang efektif untuk diberikan. Adapun bentuk teknik yang akan diberikan seperti teknik relaksasi untuk menurunkan tingkat kecemasan/stress pasca bencana, emotional behavioral therapy, cognitive behavior therapy (CBT), dan hypnotherapy.

Setiap hari tim psikologi ini akan melaksanakan kegiatan mental healing yaitu berupa kombinasi terapi dengan teknik yang simultan kepada para korban. Selain itu juga untuk meningkatkan kondisi motivasi para korban, tim psikologi menggunakan metode motivation training.

posted @ Thursday, August 2, 2018 10:56 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page