Contact us      Link     Video          


           

Current Articles | Categories | Search | Syndication

KOARMADA III SILATURAHMI SATGAS PENGAMANAN PULAU TERLUAR DI BRAS

 
 

Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada (Danguspurla Koarmada) III Laksamana Pertama TNI R. Aviantara IH., S.E., M.Si., M.Tr. (Han) melaksanakan silaturahmi dengan Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar di KRI Oswald Siahaan-354 yang sedang melaksanakan operasi “Siaga Trisula” di perairan Pulau Bras, Distrik Supiori Barat, Kabupaten Supiori, Provinsi Papua, Senin (9/9). Pulau Bras merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau senantiasa dikunjungi oleh satuan operasional Koarmada III.

Dalam silaturahmi tersebut, Komandan Guspurla Koarmada III menyampaikan bantuan bahan kontak dan logistik kepada perwakilan Satgas Pengamanan Pulau Terluar Pasukan Marinir Brigif III Sorong dan Pasukan TNI AD yang bertugas Pulau Bras. Pada kesempatan tersebut, Satgas Pengamanan Pulau Terluar di Pulau Bras melaporkan situasi yang kondusif di Pulau Bras dan dukungan logistik berjalan lancar. Disampaikan bahwa tingginya keanekaragaman biota laut dan terpeliharanya ekosistem yang ada di Kepulauan Mapia memberikan peluang pengembangan industri wisata baik wisata alam, budaya dan peninggalan sejarah Perang Dunia II.

Keberadaan Pulau Bras 005557 LU - 1342030 BT  dengan luas -+ 3,09 KM2, terletak di perbatasan Laut Pasifik merupakan pulau terluar di wilayah kerja Koarmada lll  yang dihuni sekitar 40 KK (160 jiwa). Di Pulau Bras berdiri beberapa sarana ibadah dan genset sebagai sarana tenaga penerangan lampu masyarakat setempat. Tidak jauh dari Pulau Bras terdapat peninggalan Tentara Jepang berupa landasan pacu pesawat di Pulau Pegun (Pulau Panjang).

Pulau Bras merupakan gugusan dari Kepulauan Mapia yang berbatasan dengan Republik Palau. Jarak antara Pulau Bras dengan Pulau Babelthuap (Republik Palau) adalah sejauh 390 mil. Gugusan Kepulauan Mapia terdiri dari  lima buah pulau, yaitu Mapia atau Pegun, Bras atau Berasi, Bras Kecil, Fanildo atau Faniroto dan Fanildo Kecil. Wilayah gugusan pulau ini dijaga oleh Satgas Pengamanan Pulau Terluar dari TNI AL dan TNI AD.

(Dispenkoarmada III)

posted @ Wednesday, September 11, 2019 8:58 PM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page