Contact us      Link     Video          


           
Cakrawala Flipbook
Edisi : 438 TAHUN 2018 34
Ringkasan :

Salam Jalesveva Jayamahe!

Pembaca yang budiman

Cakrawala hadir menemui para pembaca kembali. Dalam edisi kali ini, Cakrawala menampilkan laporan-laporan yang variatif dan berwarna sebagai hasil dari ‘rekaman’ liputan dari acara, peristiwa, dan juga tulisan-tulisan anggota di lingkungan TNI AL. Tidak hanya laporan dari berbagai acara tetapi tulisan formal dan juga yang ringan.

Tentu saja kegiatan-kegiatan resmi menjadi agenda wajib sebagai informasi kepada para pembaca agar mengetahui perkembangan di lingkungan TNI AL. Tujuannya tentu saja melaporkan sekaligus mendekatkan Angkatan Laut kepada para anggota khususnya dan keluarga besar TNI AL.

Laporan penyematan Bintang Jalasena kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan juga pembaretan sebagai warga kehormatan Korps Marinir menjadi salah satu laporan. Cakrawala juga menampilkan pemberian tanda jasa dan kehormatan bagi prajurit TNI AL sehingga menjadi satu rangkaian laporan.

Lomba lintas Selat Sunda 2018 merupakan salah satu laporan yang menarik. Terbukti ramainya pemberitaan di media tentang acara ini sehingga Cakrawala merasa perlu untuk mengulas lebih jauh. Tentu saja tidak hanya hadiahnya yang hebat bagi sang juara tetapi juga bagaimana apa dan siapa prajurit TNI AL yang luar biasa itu. Keseruan lain dari olah raga air di Danau Sunter yang ‘menghebohkan’ karena diikuti oleh menteri dan wakil kepala daerah, juga kami tampilkan untuk melengkapi sajian edisi ini.

Kehadiran KRI Ngurah Rai yang baru saja menjadi bagian dari Alutsista TNI AL juga kami laporkan kepada para pembaca. Hasil liputan ceramah narkoba dalam rangka HUT Jalasenastri turut disajikan pada edisi kali ini.

Tulisan seorang perwira muda lulusan Taruni Angkatan Laut menjadi salah satu ‘testimoni’ yang wajib dibaca untuk memberi motivasi para penerus. Tentu saja masih banyak tulisan lain yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Selamat membaca.....


Tanggal : Tuesday, October 1, 2019

Edisi : 440 TAHUN 2018 35
Ringkasan :
Tanggal : Friday, January 11, 2019

Edisi : 437 TAHUN 2018 33
Ringkasan : Salam Jalesveva Jayamahe

Pembaca yang budiman,
     Meskipun sudah berlalu lebih dari sebulan, suasana Hari Ulang Tahun ke 72 TNI masih terasa lekat dalam ingatan kita. Aksi-aksi heroik yang memikat personel TNI pada perayaan itu sesungguhnya adalah cermin dari kekuatan, ketangkasan serta semangat seluruh prajurit TNI. Seluruh aksi itu sekaligus menunjukkan tekad bahwa TNI selalu bersama rakyat, karena bersama rakyat TNI kuat.
     Agar ingatan itu tidak cepat berlalu, Cakrawala edisi kali ini hadir menyajikan sejumlah rekaman dalam bentuk tulisan, foto-foto, pendapat dan pandangan serta ulasan mendalam mengenai perayaan HUT ke 72 TNI.
    Tema HUT ke 72 TNI “Bersama Rakyat TNI Kuat” menjadi laporan utama edisi kali ini. Laporan ini berisi tentang kemeriahan dan semangat dalam HUT TNI dengan berbagai ilustrasi pada perhelatan tersebut.
     Hadir pula tulisan tentang peringatan Hari Armada RI tahun 2017 yang dilaksanakan di Surabaya serta ulasan menarik dari pengamat militer Susaningtyas Kertopati terkait dengan kekuatan Armada TNI AL
     Tentu saja masih banyak tulisan lain yang menarik, yang sayang untuk
dilewati, seperti kedatangan KRI Bima Suci. Kapal buatan Freire Shipyard di Vigo, Spanyol itu menjadi kapal latih bagi taruna TNI AL menggantikan peran KRI Dewaruci. Ada juga laporan tentang KRI I Gusti Ngurah Rai yang memperkuat Armada TNI AL. Peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju di kota Mamuju Provinsi Sulbar menjadi salah satu topik pada edisi kali ini.
     Berbicara mengenai Armada TNI AL, Koarmabar menjadi garda terdepan pertahanan negara di laut. Tulisan tentang Koarmabar menjadi salah satu artikel utama dalam edisi Cakrawala kali ini. Ulasan mengenai ketangguhannya juga diperkuat dengan tulisan tentang sejarah Komando Armada RI.
    Selain itu pada edisi 437 ini, Cakrawala juga menyajikan tulisan ringan terkait dengan motivasi dalam kehidupan manusia sehari-hari.
    T
entu saja masih banyak tulisan lain yang tidak mungkin kami sampaikan satu persatu. Harapan kami, kehadiran Cakrawala edisi ke 437 kali ini selalu membawa nilai positif dan menjadi bacaan yang bermanfaat khususnya bagi jajaran TNI AL di seluruh wilayah tanah air.
Selamat membaca.
Tanggal : Tuesday, February 27, 2018

Edisi : 436 TAHUN 2017 32
Ringkasan :

Salam Jalesveva Jayamahe!

 

Pembaca yang Budiman

Cakrawala edisi ini terasa berbeda karena berada dalam suasana yang istimewa. Selain bersamaan dengan peringatan Hari Jadi ke-72 TNI AL juga hampir bersamaan dengan Ulang Tahun Jalasenastri. Oleh karena itu nuansa hari-hari istimewa tersebut tidak bisa lepas dari warna reportase penerbitan edisi kali ini.

Beberapa reportase terkait peringatan Hari Jadi ke-72 TNI AL menjadi perhatian hingga beberapa tulisan kami  sajikan dalam edisi kali ini. Demikian halnya dengan HUT Jalasenastri yang hanya terpaut beberapa hari. Meski

begitu, reportase tentang hari istimewa itu, sama sekali tidak mengurangi reportase menarik dari berbagai penjuru tanah air sebagaimana ciri khas dari Cakrawala.

Tulisan-tulisan tersebut kami sajikan dalam kemasan Topik Utama yang lengkap. Termasuk wawancara khusus dengan Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., terkait dengan ulang tahun TNI AL berjudul Menajamkan MEF, Memperkuat Pilar Pertahanan Poros Maritim Dunia serta gelaran akbar IMSS 2017 di Bali yang merupakan ajang kerja sama dalam penanggulangan keamanan maritim tingkat regional maupun internasional. Tulisan-tulisan menarik tersebut diharapkan menambah informasi dan pengetahuan tentang banyak hal khususnya mengenai angkatan laut dan kemaritiman. Tulisan yang dikemas dalam topik utama kali ini di antaranya adalah bergabungnya kapal selam canggih KRI Nagapasa-403 dan Kapal Layar Latih KRI Bima Suci menambah kekuatan di jajaran TNI AL.

Cakrawala edisi ini juga menyajikan wawancara eksklusif dengan pengamat militer kenamaan Profesor Doktor Salim Said. Pengamat yang dikenal sangat kritis ini mengurai berbagai hal mengenai kekuatan militer Indonesia, masa lalu, masa kini dan masa datang.

Tampilnya para Perwira muda calon pemimpin TNI/Polri masa depan yang dilantik Presiden Joko Widodo secara bersama dari ketiga Angkatan dan Polri di Istana Merdeka juga menjadi salah satu tulisan menarik. Tulisan ini juga dilengkapi dengan info menarik mengenai sosok peraih Adhi Makayasa Letda Laut (T) Samsul Huda sebagai lulusan terbaik AAL Angkatan 62 tahun 2017.

Disajikan pula tulisan-tulisan spesial dan menarik terkait dengan kemaritiman pada Cakrawala edisi ini seperti Diplomasi Maritim yang Integratif, Safari Baksos 2017 yang berisi aneka kegiatan yang sangat padat. Di samping itu pula terdapat tulisan teknologi militer tentang Sistem Penyelamatan Kapal Selam RESUS.

Masih banyak tulisan lain yang tidak mungkin kami sampaikan satu persatu. Harapan kami, kehadiran Cakrawala edisi ke 436 kali ini selalu membawa nilai positif dan menjadi bacaan yang bermanfaat khususnya bagi jajaran TNI AL di seluruh wilayah tanah air. Selamat Membaca.

Tanggal : Monday, October 30, 2017

Edisi : 435 TAHUN 2017 31
Ringkasan : Pembaca yang budiman.....
    Kami hadir menemui para pembaca dimanapun berada. Seperti biasa kami membawa kabar baik, baru dan tentu saja informatif. Harapannya, informasi yang tersaji bisa semakin menambah cakrawala kita dalam menyongsong masa depan.
    Sejumlah tulisan kami hadirkan dalam bentuk wawancara, ulasan maupun profil dalam berbagai ragam dan tema. Salah satu tulisan yang juga sebagai bentuk kebanggaan TNI AL adalah hadirnya KRI R.E. Martadinata-331. Kapal perang yang diproduksi di dalam negeri ini sangat membanggakan. Karena dilengkapi dengan berbagai senjata tempur yang mematikan.
Terkait dengan ulang tahun Kodiklatal dan ulang tahun Puspenerbal, edisi kali ini menampilkan tulisan hasil wawancara dengan Komandan Kodiklatal dan Komandan Puspenerbal.
    Wawancara dengan Komandan Lantamal XIII Tarakan juga memperlihatkan kesiapan jajaran TNI AL dalam menjaga kedaulatan NKRI. Tak berlebihan bila Lantamal XIII disebut sebagai garda terdepan bangsa, mengingat posisinya yang langsung berhadapan dengan wilayah negara lain.
    Ada juga tulisan dalam bentuk opini yang diharapkan bisa menjadi bahan pencerahan dan menambah pengetahuan para pembaca. Tulisan lain yang masih terkait dengan dunia kemaritiman adalah wawancara dengan sejarawan JJ Rizal yang banyak mengupas soal kejayaan bangsa Indonesia di masa lalu sebagai negara maritim.
    Kami juga menyajikan beberapa tulisan ringan tetapi sangat penting, tentang public speaking. Keterlibatan para Perwira Tinggi TNI AL membuat kegiatan ini makin berbobot apalagi dengan narasumber yang kompeten. Masih banyak laporan dan tulisan lain yang menarik, semoga kehadiran Cakrawala edisi ini bermanfaat.
Salam Cakrawala.
Tanggal : Sunday, August 20, 2017

>>>