Contact us      Link     Video          


           

Current Articles | Categories | Search | Syndication

COAST GUARD

Coast guard (Penjaga Pantai) adalah Suatu organisasi dalam suatu negara yang bertanggung jawab akan berbagai tugas di laut. Implikasi istilah coast guard dapat berbeda-beda se-suai dengan tanggung jawab di berbeda negara pula. Diantara tugas yang dipercayakan kepada coast guard adalah penegakan hukum di laut, pemelihara-an rambu laut, pengawasan perbatasan, pencarian dan pertolongan (SAR) dan lain-lain. Pada masa pe-rang coast guard bertanggung jawab akan patroli pertahanan pantai, pengamanan pelabuhan, dan kontra-intelijen.Serma Nav Esa

Di beberapa negara coast guard adalah bagian dari angkatan bersenjata. Di sebagian kecil negara dapat pula diawaki oleh sipil atau bahkan dari sektor organisasi swasta. Kebanyakan coast guard meng-operasikan kapal-kapal dan pesawat udara termasuk helikopter dan pesawat terbang air.

Di beberapa negara seperti Inggris dan Irlandia, coast guard tidak memiliki peran sebagai penegak hukum. Mereka hanya merupakan suatu badan koordinasi penyelamatan maritim, sementara alut penyelamatan maritimnya sendiri dapat berasal dari organisasi lain. Dalam hal ini, kapal-kapal penolong dapat disediakan oleh organisasi sukarelawan sipil, seperti Institusi Kapal Penolong Kerajaan (Royal National Lifeboat Instution), sedangkan pesawat udara disediakan oleh angkatan bersenjata, sebagai penambahan alut yang dimiliki oleh coast guard sendiri. Di AS, Coast Guard memiliki dwifungsi yaitu sebagai penegak hukum dan memiliki fungsi militer.

 

Coast Guard dan Tugas Pokok

Amerika Serikat

Di AS, pada masa damai United States Coast Guard/USCG adalah satuan militer dibawah Departemen Keamanan Dalam Negeri (United Sta-tes Department of Homeland Security). Pada masa perang, USCG atas perintah Presiden melapor kepa-da Menteri AL (the Secretary of the Navy) tetapi tidak menjadi bagian dari US Navy, walau begitu kapal-kapalnya berintegrasi ke dalam operasi militer. Akademi dan Secapa USCG (USCG Academy and Officer Candidate School) berlokasi di New London, Connecticut, Sekolah Bintara (USCG Chief Petty Officers Academy) berlokasi di Petaluma, California. Pusat Pelatihan Coast Guard yang berada di Tanjung May, New Jersey adalah satu-satunya Pusat Pendi-dikan USCG. Keberadaan USCG memungkinkan. US Navy dapat berkonsentrasi kepada tugas pokoknya yaitu proyeksi kekuatan (power projection) semen-tara coast guard menangani Keamanan Perairan, Keamanan Pelabuhan, dan Patroli Pertahanan.

 

India

Di India, Indian Coast Guard adalah satuan mili-ter. Satuan ini bertugas mengamankan pantai, me-laksanakan aksi-aksi penyelamatan dan pemandu jalur pelayaran.

 

Inggris

Di Inggris, Her Majesty’s Coastguard/HMCG murni hanya bertitik berat kepada tugas-tugas SAR. HMCG Tidak memiliki peran pemeliharaan rambu-rambu kelautan yang menjadi tanggung jawab Trinity House and the Northern Lighthouse Board (di Skotlandia dan Irlandia Utara/HMCG juga tidak berkepentingan dengan pengawasan bea dan cukai. HMCG memiliki armada helikopter penolong Sikorsky S-61. Untuk kepentingan SAR, HMCG sering menye-wa helikopter komersil dan menyewa kapal tunda. HMCG memiliki beberapa tim penolong untuk kece-lakaan di daerah berlumpur dan pegunungan begitu pula beberapa perahu penolong pantai dan meru-pakan badan koordinasi dan pelayan publik terdepan bagi usaha pencarian dan pertolongan.

 

Italia

Di Italia, the Guardia Costiera adalah bagian dari Kementrian Perhubungan dan Pekerjaan Umum, tetapi tetap merupakan suatu organisasi militer.

 

Jepang

Didirikan pada Tahun 1949, Japan Coast Guard/JCG (Kaijo Ho’an-cho), juga dikenal sebagai Badan Keselamatan Maritim (Maritime Safety Agency). JCG Terdiri dari sekitar 12.000 personel, dibawah peng-awasan Kementrian Perhubungan dan Pekerjaan Umum dan bertanggung jawab akan perlindungan garis pantai Jepang.

Tugas-tugas JCG meliputi SAR, survei hidro-seanografi dan manajemen lalu lintas pelayaran. JCG dipimpin oleh seorang Komandan dan dua wakil komandan. Para Perwira lain dibawahnya adalah Dir-jen, Irjen dan para direktur. JCG terbagi atas empat departemen yaitu Departemen Administrasi, Depar-temen Teknologi dan Peralatan, Departemen Hidro-oseanografi serta Departemen Lalu lintas Pelayaran.

Japan Coast Guard Academy yang berlokasi di Kure, Hiroshima, adalah sekolah tinggi yang didirikan untuk digunakan sebagai pendidikan para siswanya untuk menjadi perwira. JCG saat ini memiliki dua satuan khusus yaitu Special Security Force (SSF) (Japanese: Tokushu Keibi tai) dan Special Security Team (SST) (Japanese: Tokushu Keibi tai).

 

Kanada

Di Kanada, Canadian Coast Guard adalah dinas sipil dibawah Departemen Perikanan dan Kelautan (Department of Fisheries and Oceans) yang ber-tanggung jawab akan patroli garis pantainya sepan-jang 243.042 km. Canadian Coast Guard College-nya berlokasi dekat Sydney, Nova Scotia.

 

 

Malaysia

Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia/APMM (The Malaysian Maritime Enforcement Agency/ MMEA) yang juga dikenal sebagai Malaysian Coast Guard adalah badan utama pemerintah yang bertu-gas mengatur tata tertib dan koordinator operasi pencarian dan pertolongan di laut lepas dan Zona Perairan Malaysia (Malaysian Maritime Zone). Dae-rah operasinya dibagi kedalam lima wilayah perairan yang terdiri dari 18 Distrik laut. Coast Guard Malaysia ini tidak direncanakan untuk diintegrasikan keda-lam Tentera Diraja Malaysia. Keanggotaan badan ini adalah bagian dari Malaysian Civil Service dan melapor kepada Departemen Perdana Menteri. Pada masa perang, darurat atau situasi khusus, badan ini dapat ditempatkan dibawah komando TDM atas perintah Perdana Menteri. Saat ini, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Dato’ Seri Mohd Najib bin Tun Haji Abdul Razak adalah penanggung jawab bagi MMEA. Badan ini berstatus resmi operasionalnya pada tanggal 30 November 2005 yang ditandai dengan dimulainya patroli oleh kapal-kapal MMEA.

Organisasi ini dipimpin oleh seorang Direktur Jen-deral yang ditunjuk oleh Yang Dipertuan Agung dengan tugas dan tanggung jawab akan operasional, komando dan pengendalian serta pengawasan. Secara administratif, Dirjen melapor langsung kepada Sekjen Perdana Menteri dan Sekretaris Kepala Pemerintahan. Dirjen dibantu oleh tiga deputi Dirjen yang masing-masing bertanggung jawab akan Mana-jemen, Operasi dan Logistik, Posisi ini memungkinkan setiap Sipil, Perwira Militer atau Polisi untuk mengisi jabatan ini. Dirjen MMEA sekarang ini adalah Laksa-mana Muda Dato’ Mohammad bin Nik, mantan Panglima Armada TLDM.

Pangkat perwira dan anggota bawahannya yang dikenakan oleh badan ini serupa dengan yang dipakai di TLDM.

 

Singapura

Di Singapura, fungsi coast guard dialihkan dari AL Singapura kepada Polisi Perairan (Marine Police) dari Satuan Polisi Singapura (Singapore Police Force) pada bulan Februari 1993. Polisi Perairan kemudian direstrukturisasi ulang sebagai Polisi Penjaga Pantai (Police Coast Guard/PCG), salah satu dari sedikit organisasi penegak hukum di dunia yang mengkom-binasikan antara kebijakan perairan dan tugas-tugas penjaga pantai.

 

Alat Utama Coast Guard

Kebanyakan alut kapal dan pesawat udara baik sayap putar maupun sayap tetap milik coast guard di dunia didominasi dengan warna putih. MMEA Malaysia mendapat kapal-kapal patroli keluaran Tahun 60an seperti kelas Kris, Sabah dan Kedah hasil transfer dari TLDM yang digunakan untuk tugas-tugas maritime surveillance. Alut kapal coast guard Amerika bercatkan wama putih dengan strip merah biru di haluan, bernomor lambung dan bertuliskan U.S. COAST GUARD di sisi kanan maupun kirinya. Jika kapal perang AL AS berinisial USS maka kapal USCG bermisial USCGC (US Coast Guard Cutter).

 

High Endurance Cutter kelas Hamilton adalah kelas kapal terbesar dari United States Coast Guard, disamping Kapal Pemecah Es Kutub (Polar Ice Breakers). Simbol klasifikasi lambung berawalan WHEC. Kapal-kapal ini bertenaga mesin turbin dan diesel. Dilengkapi dengan geladak heli dan fasilitas lain untuk mendukung pengoperasian helikopter, 12 cutter ini masuk dalam inventaris pada Tahun 1960. Fungsi utama dari kapal-kapal ini adalah penegakan hukum dan SAR di laut bebas termasuk di ZEE AS.

 

 Spesifikasi

• Jumlah: 12

• Panjang: 115 m

• Displacement : 3,250 ton

• Tenaga Pendorong; dua mesin diesel/dua mesin turbin

• ABK: 167 personel

• Persenjataan: meriam 76 mm,

senjata penangkis jarak dekat 20 mm Phalanx

 

Salah satu kapal dari kelas ini yaitu USCGC Sherman (WHEC-720) yang berpangkalan di Alameda, California pernah mengunjungi Pelabuhan Tanjung Perak dalam suatu latihan dengan TNI Angkatan Laut.

USCG juga memiliki divisi penerbangan yang terdiri dari helikopter HH-65C Dolphin dan HH-60J Jayhawk (helikopter Black Hawk versi AD AS-Sea Hawk versi AL AS). Pesawat terbang sayap tetap termasuk C-130 Hercules dan HU-25 Falcon. Helikopter dilengkapi dengan kerek (hoist) untuk menyelamatkan korban kecelakaan di laut dan turut memainkan peran dalam penegakan hukum di laut. Helikopter mampu mendarat dan lepas landas dari kapal-kapal USCG (cutter) dalam tugas-tugas operasi memerangi lalu lintas illegal obat terlarang dan pendatang haram. Pesawat terbang sayap tetap digunakan untuk SAR jarak jauh dan patroli.

 

Kebanyakan personel coast guard direkrut dari warga sipil untuk kemudian dididik di sekolah- sekolah atau akademi coast guard. USCG saat ini memiliki 38.000 personel aktif 8.000 personel cadangan dan 35.000 personel bantuan yang bertugas di berbagai lapangan kerja mulai dari ahli dan operator kapal dan para teknisi ahli kelistrikan hingga mekanik penerbangan. Kualifikasi untuk bergabung dengan USCG diantaranya calon harus warga negara AS yang berumur antara 17 s.d 27 tahun untuk masuk Dalam Dinas Aktif dan lulus ujian kesehatan setara dengan militer. Setelah itu para calon harus melewati pendidikan dasar militer (boot camp) selama 8 minggu. Saat calon diterima, akan ditempat-kan sesuai dengan motivasi, kemampuan psikologi dan fisik, dan hasil SC. Tidak seperti dinas militer, kejuruan bagi anggota USCG baik pria maupun wanita adalah sama termasuk tugas tempur. Pilot di USCG adalah para perwira atau lulusan sekolah penerbangan militer dan telah pernah berdinas sebagai pilot militer. Disamping itu, terdapat 6.000 posisi jabatan yang diisi oleh pegawai sipil yang bekerja bersama personel militer. ©

posted @ Wednesday, May 23, 2007 10:31 AM by

Previous Page | Next Page