Contact us      Link     Video          


           
Berita

Current Articles | Categories | Search | Syndication

KASAL PIMPIN PELANTIKAN WISUDA SARJANA S-1 DAN D-3 STTAL

 
 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Ade Supandi, S.E. selaku Inspektur Upacara memimpin jalannya upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Strata-1 Angkatan ke-33 dan Diploma-3 Angkatan ke-7, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Tahun 2015, Kamis (22/1) di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB), Kesatrian Bumimoro Kobangdikal, Surabaya.

STTAL  mewisuda Sarjana Strata-1 sebanyak 60 Wisudawan terdiri dari 58 Perwira TNI Angkatan Laut Dan 2 Perwira TNI Angkatan Darat, serta mewisuda mahasiswa Diploma-3 sebanyak 35 Wisudawan Bintara TNI Angkatan Laut dari berbagai jurusan. Ke 60 wisudawan Sarjana Strata-1 tersebut, berasal dari empat jurusan, yakni Teknik Mesin 15 orang, Teknik Elektro 14 orang, Teknik Manajeman Industri 23 orang, dan Teknik Hidro-Oseanografi 8 orang. Sementara, untuk mahasiswa program D-3 angkatan ke VII terdiri dari jurusan Teknik Mesin 6 orang, Teknik Elektro  9 orang, teknik Informatika 13, dan Teknik Hidro-Oseanografi 7 orang.

Untuk wisudawan tahun ini, lulusan terbaik pada Jurusan Teknik Mesin diraih oleh Kapten Laut (T) Indra Agustian dengan judul skripsi “Analisa Pengaruh Getaran MPK KRI YOS-353 Pasca Repowering”  yang memperoleh IPK: 3,57. Dan pada Jurusan Teknik Elektronika diraih oleh Lettu Laut (E) Ari Yunanto dengan judul skipsi “Perancangan Sistem Arah dan Kecepatan Angin Yang Dilengkapi Dengan Perhitungan Angin Benar Menggunakan Mikro Kontroler Sebagai Input Data INMS dan GCS” dengan IPK 3,54.

Kemudian, Kapten Laut (P) Agung Maulana dengan IPK 3,60, menjadi lulusan terbaik pada jurusan Teknik Manajemen Industri dengan judul skripsi “Analisa Pemilihan Alutsista TNI AL dengan Metode Life Cycle Cost (LCC) dan Analytic Network Proces (ANP) (Studi Kasus Kapal Layar Latih)”. Sedangkan  pada jurusan Teknik Hidro-Oseanografi, Kapten Laut (P) Arizzona Bintara menjadi lulusan terbaik, dengan judul skripsi “Variasi Lapisan Termoklin di Selatan Jawa dan Barat Sumatera dan Aplikasinya untuk Operasi Kapal Selam”, dan meraih IPK 3,37.

Sementara itu, pada program D-3, pada Jurusan Teknik Mesin, lulusan  terbaik diraih oleh Serma Mes Maman Nur Rohman dengan IPK 3,54, dan jurusan Teknik Elektronika Ekasen diraih Serka Nav Elhas Eka Sanjaya dengan IPK 3,58, kemudian jurusan Teknik Elektronika Informatika diraih Serka Kom Rudy Yahya dengan IPK 3,49, dan di jurusan Teknik Hidro-Oseanografi diraih Serma Nav Windu Tri Kurniawan dengan IPK 3,79.

Pada kesempatan tersebut, dalam amanatnya Kasal menyampaikan bahwa upacara penutupan pendidikan dan wisuda sarjana STTAL, selain menandai selesainya proses pendidikan wisuda sarjana strata-1 dan diploma-3, juga merupakan indikator keberhasilan STTAL dalam melaksanakan peran dan fungsinya. Hal ini sekaligus merupakan wujud keberhasilan TNI Angkatan Laut dalam upaya penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas agar lebih mampu menghadapi tantangan tugas di masa mendatang, utamanya di era kemajuan teknologi pertahanan yang semakin pesat.

STTAL didirikan pada tanggal 15 Maret 1966, dulunya bertempat di Bumi Cipulir Jakarta, merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di lingkungan TNI/TNI AL yang berbasis IPTEK dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Sejak tahun 1984 STTAL bergabung dengan Kodikal (sekarang Kobangdikal), dan pada tanggal 17 November 2014 STTAL berkembang menjadi Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) tingkat Mabesal  yang diresmikan oleh Kasal pada waktu itu, Laksamana TNI Dr. Marsetio. Saat ini, STTAL telah memiliki  satu program S-2 yakni jurusan Analisa Sistem dan Riset Operasi (ASRO), selain progran S-1 dengan 4 jurusan (Teknik Mesin, Elektro, Manajemen Industri, dan Hidroseanografi) dan  Diploma 3 juga dengan 4 jurusan (Teknik mesin, elektro, Informatika dan hidro oseanografi). Lembaga pendidikan ini dipimpin oleh seorang perwira tinggi aktif TNI Angkatan Laut yang saat ini dikomandani oleh Laksamana Pertama TNI Drs. Siswo Hadi Sumantri, S.T., M.MT.

Kasal menambahkan, menyertai upacara ini, juga dianugerahkan piagam penghargaan kepada para wisudawan yang dinyatakan lulus dengan predikat terbaik dari masing-masing program studi. Penganugerahan piagam ini merupakan wujud penghormatan dan penghargaan dari lembaga pendidikan STTAL kepada para wisudawan yang berhasil meraih prestasi tertinggi selama mengikuti program pendidikan.   Hal ini diharapkan dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi mahasiswa lainnya, agar lebih meningkatkan semangat belajar sehingga mampu meraih prestasi terbaik dalam menjalani pendidikan di STTAL

“Para wisudawan hendaknya menyadari bahwa gelar kesarjanaan dan diploma yang telah diraih, pada hakikatnya merupakan kehormatan sekaligus kepercayaan dari pemerintah, TNI dan lembaga pendidikan STTAL.   Untuk itu kapabilitas sebagai seorang teknokrat harus diaplikasikan dalam kiprah nyata di medan penugasan nantinya.  Bukti kapabilitas saudara-saudara adalah meningkatnya kinerja organisasi dimana saudara-saudara ditugaskan,” ujar Kasal.

Turut hadir dalam acara wisuda, para Asisten Kasal, Komandan Kobangdikal Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., Pangarmatim, Pangarmabar, Pangkolinlamil,  Dankormar,  Gubernur AAL,  Danseskoal, para rektor PTN dan PTS se-Surabaya serta pejabat sipil dan militer lainnya. 


posted @ Friday, January 23, 2015 10:04 AM by Dispenal Mabesal

Previous Page | Next Page